Sukses

Jadi Unggulan SEA Games 2017, Jonatan Christie Enggan Jemawa

Jonatan Christie, mengaku tak ingin terbebani status unggulan pertama di SEA Games 2017.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Jonatan Christie ogah besar kepala dalam menghadapi SEA Games 2017. Pebulu tangkis putra Indonesia itu ingin menanggalkan status unggulan dalam event kali ini.

Pernyataan itu dilontarkan Jonatan Christie setelah mengacu pada pengalaman di Selandia Baru Terbuka 2017. Ketika itu, Jonatan yang menjadi unggulan ketiga justru kandas di babak kedua setelah takluk 17-21 13-21 dari tunggal Hong Kong, Lee Cheuk Yiu.

Jonatan mengakui saat itu mentalnya bermasalah karena terbebani status unggulan ketiga. Pemain yang akrab disapa Jojo itu tak ingin pengalaman buruknya terulang pada SEA Games 2017. Apalagi Jojo bakal menjadi unggulan pertama.

"Ketika di Selandia Baru Terbuka, mental bertanding saya terganggu karena berstatus unggulan ketiga. Saya berusaha tidak merasa terbebani, namun tetap saja tak terpengaruh dan tidak bisa dibohongi," kata Jonatan kepada wartawan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Senin (14/8/2017).

"Kejadian itu menjadi pelajaran untuk saya di SEA Games 2017 nanti. Meski menjadi unggulan pertama, saya tidak mau terlalu memikirkan status tersebut. Lebih baik fokus dan menyiapkan strategi karena semua pemain punya peluang yang sama," ucap atlet 19 tahun tersebut.

Jonatan juga mengakui sengaja meminta dukungan khusus dari orang tuanya di SEA Games 2017. Hal itu dilakukan untuk menambah kepercayaan diri ketika bertanding.

"Saya meminta dukungan langsung orangtua. Mereka akan menonton langsung Sea Games ke Malaysia untuk menambah motivasi saya saat bertanding di nomor perorangan," ucap Jonatan Christie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.