Sukses

4 Klub yang Sering Kehilangan Pemain Kunci

Ajax Amsterdam adalah salah satu klub yang kerap kehilangan pemain kuncinya setiap bursa transfer musim panas.

Liputan6.com, Jakarta - Ajax Amsterdam tampil mengejutkan pada Liga Europa 2016-2017. Bermaterikan pemain muda, klub Belanda ini mampu melaju hingga ke final sebelum dikalahkan Manchester United (MU).

Dengan skuat mudanya, Ajax berharap dapat kembali menjadi salah satu klub elit Eropa. Namun, pada kenyataannya hal itu tak mudah untuk diwujudkan. Sebab, para pemain muda berbakat Ajax sudah menjadi incaran klub-klub besar Eropa.

Seperti diketahui, Ajax harus merelakan Luis Suarez yang memilih bergabung dengan Liverpool pada 2011 sebelum pindah ke Barcelona pada 2014. Selain itu, Ajax juga kehilangan Christian Eriksen, Toby Alderweireld, serta Jan Vertonghen yang hijrah ke Tottenham Hotspur.

Bukan hanya Ajax, ada sejumlah klub-klub di Eropa yang juga harus rela kehilangan pemain kuncinnya setiap bursa transfer musim panas. Berikut keempat klub tersebut seperti dinukil dari Sportskeeda:

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam pernah menjadi raja sepak bola Eropa di awal 1970-an dan pertengah 1990-an. Klub Belanda ini mengorbitkan sejumlah pemain bintang, seperti Johan Cruyff, Marco van Basten, Frank Rijkaard, Edgar Davids, dan lainnya.

Meski telah menghasilkan sejumlah pemain kelas dunia, Ajax harus berjuang untuk kembali menjadi salah satu klub elit Eropa. Musim lalu, Ajax mencapai final Liga Europa dengan skuat yang sangat muda.

Namun, sukses tersebut justru membuat Ajax harus kehilangan sejumlah pemain berbakatnya di musim panas 2017. Mereka telah kehilangan Davy Klaassen yang hengkang ke Everton dan Kenny Tete direkrut Olympique Lyon. Tak tertutup kemungkinan Ajax juga akan kehilangan bek asal Kolombia, Davinson Sanchez.

Sebelum mereka, Ajax juga sudah kehilangan pemain-pemain bintangnya. Sebut saja Christian Eriksen, Toby Alderweireld, dan Jan Vertonghen yang bergabung ke Tottenham Hotspur. Sementara Arkadiusz Milik dijual ke Napoli, Jasper Cillessen dilepas ke Barcelona, Daley Blind dan Timothy Fosu Mesah bergabung dengan Manchester United, serta Luis Suarez direkrut Liverpool.

3 dari 5 halaman

3. Valencia

Sebelum Atletico Madrid memenangi gelar Liga Spanyol di 2013-14, tim terakhir yang mengalahkan Real Madrid atau Barcelona untuk meraih gelar juara adalah Valencia pada 2003-04. Klub tersebut merebut gelar juara pada 2002 dan mencapai final Liga Champions 2001, tapi kalah dari Bayern Munchen melalui adu penalti.

Namun, ketidakmampuan Valencia untuk bersaing secara reguler dengan Real Madrid dan Barcelona mengakibatkan sejumlah pemainnnya hengkang. Seperti diketahui, Los Murcielagos punya barisan penyerang yang mumpumi, seperti David Villa, David Silva, dan Juan Mata.

Villa bergabung dengan Barcelona pada tahun 2010 dan kemudian memenangkan gelar Liga Spanyol, Liga Champions, serta sejumlah trofi lainnya. Sementara Silva yang bergabung dengan Manchester City memenangkan semua penghargaan domestik, termasuk dua gelar Liga Inggris. Sementara Mata telah memenangkan beberapa trofi bersama Chelsea, termasuk Liga Champions, dan Manchester United.

Selain itu, berapa pemain bintang terpaksa harus dijual Valencia pada 2010, antara lain Paco Alcacer (Barcelona), Andre Gomes (Barcelona), Shkodran Mustafi (Arsenal), Nicolas Otamendi (Manchester City), Jeremy Mathieu (Barcelona), Roberto Soldado (Spurs), Jordi Alba (Barcelona), Isco (Malaga), dan Adil Rami (Milan).

4 dari 5 halaman

2. Borussia Dortmund

Borussia Dortmund bangkit dari ambang kebangkrutan untuk merebut kembali gelar Bundesliga Jerman dan kemudian menjadi finalis Liga Champions. Itu boleh dibilang sebagai salah satu cerita sepak bola paling romantis.

Gaya permainan yang luar biasa membuat Dortmund selalu menjadi perhatian setiap bursa transfer musim panas. Mereka harus kehilangan sejumlah pemain bintangnya.

Selama era Jurgen Klopp di Dortmund, pemain utama pertama yang meninggalkan klub dan bergabung dengan tim papan atas Eropa adalah Nuri Sahin. Eks kapten Dortmund itu pindah ke Real Madrid pada 2011 setelah mengantarkan klubnya menjadi juara Bundesliga.

Dua tahun kemudian, Mario Gotze membuat keputusan mengejutkan dengan memilih bergabung klub rival Dortmund, Bayern Munchen beberapa minggu sebelum kedua klub bertemu di final Liga Champions. Setelah itu, giliran Robert Lewandowski dan Mats Hummels yang mengikuti jejak Gotze.

Beberapa pemain kunci lainnya yang pernah meninggalkan Dortmund antara lain Shinji Kagawa (Manchester United), Henrikh Mkhitaryan (Manchester United), dan Ilkay Gundogan (Manchester City). Musim ini, Dortmund terancam kehilangan Ousmane Dembele yang ingin pindah ke Barcelona.

5 dari 5 halaman

1. Benfica

Benfica, FC Porto, dan Sporting terkenal dengan performa pemain topnya, terutama dari Portugal dan Amerika Selatan. Ketiga raksasa Spanyol itu memiliki tim pemandu bakat yang jeli dalam memboyong pemain-pemain muda ke klub Portugal.

Namun, pemain-pemain pemuda berbakat itu tidak bertahan lama di Benfica, Porto, dan Sporting. Benfica, misalnya. Di bursa transfer musim panas 2017, Benfica telah menjual Ederson Moraes ke Manchester City, Victor Lindelof ke Manchester United, dan Nelson Semedo ke Barcelona.

Pada 2010, Benfica juga telah kehilangan sejumlah pemain kuncinya. Sebut saja Renato Sanches ke Bayern Munchen, Nicolas Gaitan ke Atletico Madrid, Goncalo Guedes ke PSG, Joao Cancelo dan Andre Gomes ke Valencia, Ezequiel Garay ke Zenit, serta Lazar Markovic ke Liverpool.

Sebelumnya juga ada Jan Oblak ke Atletico Madrid, Bernardo Silva ke Monaco, Nolito ke Celta Vigo, Nemanja Matic ke Chelsea, Javi Garcia ke Manchester City, Axel Witsel ke Zenit, Fabio Coentrao dan Angel di Maria ke Real Madrid, Ramires dan David Luiz ke Chelsea. *

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.