Sukses

Rapor Pemain Timnas Indonesia U-22 Usai Tahan Imbang Thailand

Sempat tertinggal, Timnas Indonesia U-22 berhasil menahan imbang Thailand di laga grup B SEA Games 2017.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 meraih hasil imbang saat bertemu Thailand di laga perdana babak penyisihan Grup B SEA Games 2017, Selasa (15/8/2017). Sempat tertinggal di babak pertama, Garuda Muda akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. 

Tampil di Stadion Shah Alam, Selangor, Timnas Indonesia U-22 tampil penuh percaya diri sejak menit pertama. Mengandalkan permainan cepat, pasukan Luis Milla bahkan berhasil menciptakan sejumlah kemelut di depan gawang sang juara bertahan, Timnas Thailand. 

Namun Thailand mengejutkan Timnas Indonesia U-22 pada menit ke-14. Berawal dari kegagalan kiper Kurniawan Kartika Ajie menghalau bola, Chaiyawat Buran yang berdiri bebas akhirnya berhasil menjebol gawang Garuda Muda lewat tendangan terukur. 

Indonesia berusaha mengejar ketertinggalan. Namun hingga turun minum, Timnas Indonesia U-22 tetap tertinggal dari Thailand. 

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-22 kembali mengandalkan permainan cepat untuk mengejar ketertinggalan. Upaya Garuda Muda akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-61. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan pemain Thailand kepada Osvaldo Ardiles Haay di kotak terlarang, wasit langsung menunjuk titik putih bagi timnas Indonesia U-22. 

Septian David maju sebagai algojo. Dengan tenang, pemain Mitra Kukar tersebut melepaskan tendangan ke sisi kanan gawang Thailand yang dikawal Nont Muangkam. Skor pun berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga peluit panjang berbunyi.  

Secara keseluruhan, pasukan Luis Milla tampil memukau. Namun seperti apa rapor para pemain dalam pertandingan ini? Berikut analisis singkat dari redaksi Liputan6.com. 

Saksikan Video menarik lainnya di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rapor Pemain

Kurniawan Kartika Ajie (6.5): Penjaga gawang Timnas U-22 ini sempat melakukan blunder yang berujung dengan gol ke gawang Timnas Indonesia U-22 pada menit ke-14. Meski demikian, Ajie sebenarnya mampu melakukan sejumlah penyelamatan gemilang, termasuk saat  menepis tendangan keras Phittiwat Sookjithummakul pada menit ke-78. 

Hansamu Yama Pranata (6.5): Jebolan timnas U-19 ini juga ikut bertanggung jawab terhadap atas gol Thailand. Hansamu yang menjadi kapten timnas Indonesia U-22 gagal mengantisipasi pergerakan  Chaiyawat Buran hingga berdiri tanpa pengawalan. Hanya saja, Hansamu berhasil bangkit dan menjalankan tugasnya dengan baik hingga akhir laga. 

Riky Fajrin Saputra (6.5): Bermain sebagai bek tengah bersama Hansamu, Fajrin tampil disiplin sepanjang pertandingan. Dia mampu berkoordinasi dengan Hansamu. 

Gavin Kwan Adsit (6.5): Menjaga sisi kanan pertahanan Indonesia, Gavin beberapa kali kesulitan menutup pergerakan penyerang Thailand.

Muhamad Rezaldi Hehanusa (7.5): Rezaldi tampil enerjik di sisi kiri. Selain kuat dalam bertahan, Rezaldi juga ikut aktif membantu serangan timnas Indonesia U-22.

3 dari 4 halaman

Lini Tengah

Evan Dimas Darmono (7,5): Evan menjadi jenderal lapangan tengah dalam duel ini. Perannya di lini tengah sangat sentral dalam mengatur alur serangan Timnas Indonesia U-22. Evan bahkan nyaris mencetak gol di babak kedua lewat tendangan terarah ke sudut sempit.

Osvaldo Ardiles Haay (8): Dengan kecepatan yang dimiliki dan kemampuan menggiring bola yang baik Osvaldo menambah daya serang Timnas Indonesia U-22. Bahkan berkat kejeliannya melihat celah di lini pertahanan Thailand menjadi awal terciptanya gol balasan

M Hargianto (7,5): Hargianto tampil disiplin pada pertandingan ini. Kehadirannya di lini tengah Timnas Indonesia U-22 beberapa kali mampu merusak serangan Gajah Putih. Namun permainan keras Hargianto harus dibayar mahal usai menerima satu kartu kuning.

4 dari 4 halaman

Lini Depan


Febri Haryadi (7.0): Memiliki kecepatan, peran Febri tidak terlalu mencolok dalam duel ini. Penjagaan ketat dari tim lawan membuatnya susah untuk bergerak. Bahkan pada menit ke-64, Febri terpaksa ditarik ke luar dan digantikan Saddil Ramdani.

Septian David (8): Selain tampil aktif membantu serangan timnas, Septian David cekatan dalam melakukan transisi ke bertahan. Mental jebolan Timnas U-19 ini juga cukup teruji. Terbukti, Septian mampu menyelesaikan tugas sebagai algojo penalti dan membawa Indonesia imbang 1-1 atas Thailand.

Marinus Wanewar (6,5): Dalam duel ini, Marinus jarang mendapatkan bola matang. Dia kesulitan mencari celah ruang tembak akibat mendapat penjagaan ketat dari bek lawan. Beberapa kali Marinus juga kehilangan bola saat berusaha menekan pertahanan lawan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.