Sukses

Playoff Liga Champions: Liverpool Hajar Hoffenheim

Liverpool mendapat modal dua gol di kandang Hoffenheim.

Liputan6.com, Hoffenheim- Liverpool berpeluang besar lolos ke fase grup Liga Champions 2017/2018. The Reds sukses mempermalukan tuan rumah Hoffenheim 2-1 pada leg pertama babak playoff, Rabu (16/8/2017) dinihari WIB.

Hasil ini membuat Liverpool cuma butuh hasil imbang saja di leg kedua di Anfield untuk melaju ke babak utama Liga Champions. Kalah 0-1 pun Liverpool tetap akan lolos. Sedangkan Hoffenheim harus bisa mengalahkan Liverpool dengan selisih dua gol pada pertemuan kedua. 

Pertemuan Hoffenheim dengan Liverpool berlangsung seru sejak menit pertama. Kedua tim sama-sama tampil terbuka. Liverpool mendapat peluang emas pertama di menit sembilan. Sepakan Sadio Mane dari sudut sempit masih bisa digagalkan kiper Oliver Baumann dengan kakinya.

Memasuki menit 12, petaka menimpa Liverpool. Wasit menunjuk titik putih setelah Dejan Lovren melanggar Serge Gnarby. Beruntung, eksekusi penalti yang dilakukan Andrej Kramaric dengan gemilang bisa ditepis oleh Simon Mignolet.

Liverpool nyaris unggul pada menit 15. Mohammed Salah lolos dari jebakan off-side dan tinggal berhadapan dengan Baumann. Sayangnya tembakan Salah masih melebar tipis dari gawang Hoffenheim.

Liverpool akhirnya bisa unggul lebih dulu di menit 35. Pemain muda Trent Alexander-Arnold memecah kebuntuan lewat gol indah melalui tendangan bebas.

Dewi Fortuna nampaknya sedang tidak berpihak pada Hoffenheim. Tuan rumah gagal memanfaatkan dua peluang emas untuk menyamakan skor di menit 43. Sepakan Gnarby di mulut gawang bisa ditepis Mignolet. Bola liar disambar Wagner, namun membentur tiang gawang. Skor 0-1 bertahan sampai jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Unggul satu gol membuat Liverpool makin percaya diri memasuki babak kedua. Enam menit setelah jeda, Mane nyaris menggandakan skor bila saja tendangan rendahnya tidak digagalkan Baumann.

Di pertengahan babak kedua, Liverpool punya dua peluang emas lainnya lewat Salah dan bek Dejan Lovren. Tapi tak ada yang membuahkan gol karena bisa diamankan oleh Baumann.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu Liverpool akhirnya tercipta pada menit 74. Umpan silang pemain pengganti James Milner membentur pemain Hoffenhem Havard Nordveit sehingga bola berubah arah dan masuk ke gawang.

Hoffenheim memperkecil ketertinggalan di menit 87. Pemain pengganti Mark Uth memperdaya Mignolet dengan tendangan voli meneruskan umpan jauh dari Nordveit.

Tuan rumah nyaris menyamakan skor di masa injury time. Sial bagi Hoffenheim sundulan Benjamin Hubner di mulut gawang Liverpool masih melambung tipis.

Susunan Pemain:

Hoffenheim: Baumann; Hubner, Bicakcic (Nordtveit 52'), Vogt; Zuber, Rupp (Amiri 53'), Demirbay, Kaderabek; Gnarby (uth 71'), Kramaric; Wagner

Liverpool: Mignolet; Lovren, Matip, Alexander-Arnold, Moreno; Can, Wijnaldum, Henderson (Milner 63'); Firmino (Solanke 84'), Salah, Mane (Grujic 89')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.