Sukses

5 Pemain Spanyol Terbaik di Liga Inggris

Pemain Spanyol tidak kesulitan dengan gaya kick n rush di Liga Inggris.

Liputan6.com, London - Sepak bola Spanyol dikenal selalu memasok para talenta terbaiknya ke seluruh penjuru Eropa, tidak terkecuali ke Liga Inggris. Bahkan, mereka menjadi salah satu pemain kunci di klub-klub asal Britania Raya itu.

Banyak yang berpendapat kalau pemain Spanyol tidak cocok dengan gaya kick n rush Liga Inggris. Tetapi, nyatanya anggapan itu bisa dipatahkan.

Juan Mata, misalnya. Setelah pindah ke Chelsea dari Valencia dengan nilai transfer 23,5 juta pound pada 2011, Mata tampil istimewa dengan dua kali meraih penghargaan Player of the Year klub.

Setelah pindah ke Manchester United, Mata jua masih saja tampil apik. Di sana, dia sudah memenangi berbagai gelar, salah satunya titel Liga Europa, melengkapi penghargaan Liga Champions yang sebelumnya diraih bersama Chelsea.

Selain Mata, ada lima pemain Spanyol terbaik yang bermain di Liga Inggris. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

Saksikvan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. David De Gea

Pembangunan ulang dan restrukturisasi yang telah dilakukan Manchester United (MU) belakangan membuat klub kian terpuruk, berbeda jauh pada era Alex Ferguson. Tapi, ada satu nama yang jadi bintang di tengah kegelapan, yakni David de Gea.

De Gea menjalani awal kariernya dengan kurang mengesankan. Dia dicemooh oleh kritikus dalam beberapa tahun pertamanya, tapi langsung berkembang dan jadi idola.

Bahkan, MU harus kerja keras untuk menahan kepergian kiper Timnas Spanyol itu ke Real Madrid. Dia bisa dibilang kiper terbaik di Inggris saat ini.

3 dari 6 halaman

4. Xabi Alonso

Xabi Alonso selalu punya ketenangan saat kuasai bola. Alonso mengubah tren gelandang di Inggris menjadi lebih memegang peran permainan.

Dia menikmati perannya sebagai playmaker yang dalam. Bola-bola panjangnya sangat istimewa dan kerap membuat decak kagum para penonton.

Alonso adalah salah satu gelandang terbesar era modern. Kala perkuat Liverpool, dia nyaris memenangkan segalanya, seperti Liga Champions, Piala FA, dan Piala Super Eropa.

4 dari 6 halaman

3. Fernando Torres

Karier El Nino merupakan dua bagian epik di Inggris. Bersama Liverpool, baginya mencetak gol seperti hobi. Namun, kala di Chelsea, mencetak gol merupakan pekerjaan yang sangat berat baginya.

Saat berada di puncak performa tidak ada yang menghentikan Fernando Torres. Dia memiliki kecepatan dan kemampuan untuk mengelabui Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic di Old Trafford.

Dia mencetak 81 gol dalam 142 penampilan untuk tim asal Merseyside. Tapi untk Chelsea, dia cuma mencetak 45 gol dalam 172 penampilan.

5 dari 6 halaman

2. Cesc Fabregasee

Sebuah produk dari La Masia, Cesc Fabregas membawa keistimewaan lini tengah Spanyol ke tanah Inggris. Setelah memulai karier profesionalnya bersama Arsenal, Fabregas menjalani hari-harinya secara menakjubkan dan menciptakan peluang sesuka hati.

Fabregas memang tak punya fisik kuat seperti para pemain lain di liga itu. Namun, dia mengandalkan teknik yang istimewa.

Eks pemain Barcelona itu adalah salah satu individu yang paling banyak meraih gelar. Fabregas sejauh ini telah memenangkan dua gelar liga, satu Piala Dunia Klub, dua Piala Eropa, dan satu Piala Dunia.

Selain itu, Fabregas juga pernah menjadi Pemain Terbaik Liga Inggris pada musim 2007/08. Saat ini, di Chelsea, dia jua jadi salah satu jantung permainan tim Antonio Conte.

6 dari 6 halaman

1. David Silva

Silva adalah seorang pemain yang hobi menjelajah di setiap sisi lapangan. Kehadirannya membatu Manchester City membelah pertahanan lawannya.

Mantan pemain Valencia itu bertipikal gelandang bergaya Spanyol yang diterapkan di Inggris. Umpan-umpan matang dan pergerakan yang cepat membuka rekan setimnya masuk dan memanfaatkan celah di pertahanan lawan.

Sekarang Silva sudah memasukki musim ke-8 dengan Manchester City. Pemain berusia 31 tahun itu telah memenangkan Liga Inggris dua kali dan musim lalu mengungguli Sergio Aguero sebagai pemain terbaik Manchester City.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.