Sukses

Jelang Countdown, Gubernur Sumsel Optimistis Helat Asian Games

Hitung mundur setahun jelang penyelenggaraan Asian Games dimulai Jumat (18/8/2017).

Liputan6.com, Palembang - Kota Palembang terus bersolek menjelang digelarnya perhelatan Asian Games tahun 2018. Panitia mengebut persiapan, mulai venue sampai infrastruktur penunjang di Jakabaring Sport City, agar sukses menggelar pesta olahraga bangsa-bangsa Asia.

Status Palembang sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018, bersama Jakarta, ditandai hitung mundur yang rencananya berlangsung di Benteng Kuto Besak, Jumat (18/8/2017).

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, optimistis perhelatan Asian Games di Sumsel akan berjalan sukses. Dia berharap sisa setahun persiapan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Alex mengungkapkan, persiapan venue sendiri hampir rampung dan diperkirakan selesai Desember mendatang.

"Saya merasa sangat optimis untuk ke depan, walau di sana-sini masih ada kekurangan. Tapi semua sudah on track. Semua sudah sesuai melihat inflasi yang terjaga dan yang lainnya," ujar Alex Noerdin usai rapat paripurna DPRD Sumsel dengan agenda mendengarkan pidato Presiden RI, Joko Widodo, menyambut HUT RI ke-72, Rabu (16/8/2017).

Untuk persiapan SDM, seperti halnya volunteer, butuh persiapan yang matang karena pihaknya perlu melakukan rekrutmen sebelum diberikan pelatihan. Orang nomor satu di Sumsel itu menyebut, pihak penyelenggara butuh sedikitnya tiga ribu sukarelawan.

"Kalau venue sudah siap semua. Tapi persiapan penyelenggaraan, kita harus melatih rekrutmen hampir tiga ribu volunteer. Itu masih jalan yang panjang. Namun, kita gembira kalau venue dan insfrastruktur pendukung insyaallah sudah selesai," ujarnya.

Palembang menggelar 10 cabang pada Asian Games, di antaranya sepak bola putri, tenis, voli pantai, basket, menembak, triatlon, dan sepak takraw.

"Kita sangat siap. Sebelumnya kita sudah gelar test event triatlon yang berjalan sukses. Ke depan akan ada lagi test event yang bakal menjadi tolok ukur sebelum bergulirnya Asian Games mendatang," pungkasnya. (Indra Pratesta)

 

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.