Sukses

Timnas Indonesia U-22 Lumat Filipina, Angka Keramat Bermunculan

Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Filipina tiga gol tanpa balas pada penyisihan Grup B, SEA Games 2017.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kemenangan atas Filipina di laga kedua babak penyisihan SEA Games 2017 tidak hanya membuat peluang Timnas Indonesia U-22 ke semifinal semakin terbuka. Di luar itu, hasil ini juga jadi kado indah bagi HUT RI ke-72 yang bertepatan dengan jadwal laga timnas. 

Kebetulan duel Timnas Indonesia U-22 melawan Filipina di Stadion Shah Alam, memang berlangsung tanggal 17 Agustus 2017. Dalam duel ini, Indonesia menang telak 3-0. 

Kemenangan ini semakin bernuansa HUT Kemerdekaan RI manakala, banyak pihak mengaitkannya angka-angka yang melekat pada dua dari tiga pencetak gol ke gawang Filipina, Saddil Ramdani dan M Hargianto. Kebetulan, Saddil bernomor punggung 17 dan Hargianto 8. Dan secara kebetulan juga, Hargianto mencetak gol di menit ke-45. 

Bila angka-angka tersebut digabung, maka mirip dengan hari proklamasi, 17-8-(19)45.

Namun ternyata masih ada angka-angka menarik lainnya dari proses terciptanya tiga gol ke gawang Filipina. Menurut asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Bima Sakti, gabungan nomor punggung ketiga pemain itu justru seperti pertanda Indonesia bakal ke final. 

"Septian bernomor punggung 29. Kemudian Hargianto bernomor punggung 8 dan Saddil Ramdani bernomor punggung 17. Secara berurutan menjadi 29, 8, dan 17," ujar Bima Sakti.

"Sama seperti tanggal apakah ketiga angka tersebut? Sama seperti tanggal laga final. Semoga tim ini benar-benar bisa ke final dan menjadi juara," lanjut mantan kapten timnas Indonesia itu berseloroh soal tanggal final sepak bola yang digelar pada 29 Agustus 2017.

Saksikan video menarik lainnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Kerja Keras

Namun deretan angka-angka tersebut tentu saja hanya kebetulan saja. Perjalanan Garuda Muda masih jauh dan perlu kerja keras untuk mencapai final dan meraih emas tahun ini. 

Di babak penyisihan Grup B, setidaknya masih ada tiga lawan yang menanti pasukan Luis Milla. Mulai dari Timor Leste, Vietnam, dan Kamboja. Persaingan juga ketat karena Vietnam dan Thailand sama-sama belum terkalahkan dalam dua pertandingan. 

Timnas Indonesia U-22 akan menjalani laga ketiga melawan Timor Leste. Duel ini digelar di Stadion Selayant, Minggu (20/8/2017) atau sehari usai pembukaan SEA Games 2017. *

(Laporan Benediktus Gerendo Pradigdo dan Vitalis Yogi Trisna dari Malaysia) 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.