Sukses

3 Bintang Serie A Calon Pemain Terbaik FIFA 2017

3 Bintang Serie A Calon Pemain Terbaik FIFA 2017

Liputan6.com, Turin - Sebanyak tiga bintang Serie A masuk kandidat pemain terbaik FIFA 2017. Para penggawa Serie A itu harus bersaing melawan 21 nama lain. Ke-24 pemain itu memperebutkan salah satu penghargaan individu paling prestisius di dunia sepak bola.

Gelar bernama resmi The Best FIFA Men's Player itu pertama kali digelar 2016. FIFA sebelumnya menjalin kerja sama dengan France Football untuk penganuherahan Ballon d'Or.

Keputusan FIFA mengakhiri hubungan dengan France Football disinyalir untuk mengeratkan hubungan dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris. Presiden FIFA, Gianni Infantino, membuktikan niat tersebut dengan menggelar pengumuman penghargaan mendatang di London, bukan markas FIFA (Zurich), seperti sebelumnya.

Proses penentuan The Best FIFA Men's Player lebih kompleks ketimbang Ballon d'Or. Ada empat stakeholder yang dilibatkan dalam pemberian suara, yakni pelatih timnas, kapten timnas, publik, dan 200 anggota media internasional. Semua memiliki porsi sama yakni 25 persen.

Setelah suara masuk, muncul tiga nama pengoleksi suara terbanyak yang nanti diumumkan pada fase selanjutnya. Apakah pemain Serie A bisa masuk putaran tersebut? Berikut daftar pemain berbasis Italia yang terlibat persaingan The Best FIFA Men's Player.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gianluigi Buffon

Di penghujung kariernya, Buffon seakan tak pernah surut akan kesempatan meraih penghargaan. Beberapa hari yang lalu, dia juga terpilih masuk dalam tiga besar kandidat peraih gelar UEFA Player of The Year atau pemain terbaik UEFA 2017, bersama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Buffon mengungguli bintang Real Madrid lain yakni Luka Modric dan Toni Kroos, serta rekan setim Paulo Dybala.

Masuknya Buffon dalam daftar kandidat The Best FIFA Men's Player 2017 ini tidak terlepas dari keberhasilannya memimpin Juventus memenangkan gelar scudetto dan Coppa Italia, serta lolos final Liga Champions musim lalu.

Gianluigi Buffon. (AFP/Valery Hache)

Meski sudah berusia 39 tahun, performa Buffon di bawah mistar gawang Si Nyonya Tua tetap tak diragukan. Ia menjadi pilihan pertama meski Juventus punya banyak kiper yang lebih muda.

Dari 24 kandidat yang telah diumumkan, Buffon tidak sendirian sebagai penjaga gawang. Manuel Neuer (Bayern Muenchen) dan Keylor Navas (Real Madrid) juga masuk dalam daftar. Yang disebutkan terakhir ini bahkan cukup berpeluang untuk masuk dalam tiga besar, karena sukses mengantarkan Real Madrid juara Liga Champions dan La Liga.

3 dari 4 halaman

Paulo Dybala

Striker muda Argentina itu belakangan menjadi sorotan dunia karena permainan impresifnya. Selain lincah dan punya kelebihan dalam mengeksekusi tendangan bebas, ia juga rajin mencetak gol. Musim lalu, Dybala menyumbang 19 gol dalam 48 penampilan di semua kompetisi.

Paulo Dybala. (AFP/Miguel Medina)

Baru-baru ini, setelah menunjukkan kualitasnya selama dua musim, Dybala dipercaya untuk memakai nomor kostum 10. Ia pun langsung menggebrak dengan memborong dua gol ke gawang Lazio di laga final Piala Super Italia, akhir pekan lalu.

Dalam daftar 24 kandidat yang ada, untuk posisi yang sama, Dybala bersaing dengan Pierre Emerick Aubameyang (Dortmund), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Zlatan Ibrahimovic (Swedia), Robert Lewandowski (Bayern Muenchen), Lionel Messi (Barcelona), Alexis Sanchez (Arsenal), dan Luis Suarez (Barcelona).

4 dari 4 halaman

Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci. (AP Photo/Antonio Calanni)

Andai Bonucci tidak hengkang ke AC Milan, maka seluruh pemain Serie A yang masuk dalam daftar kandidat pemain terbaik FIFA 2017 akan memperkuat Juventus. Ya, tentu saja, pertimbangan Bonucci masuk dalam daftar adalah penampilannya selama membela Si Nyonya Tua pada musim lalu.

Tak hanya Buffon dan Dybala, Bonucci juga sosok sentral dalam kesuksesan Juventus dalam menyabut gelar Serie A dan Coppa Italia. Kehadirannya membuat lini belakang Juventus sulit ditembus dan membuat tugas Buffon menjadi lebih ringan.

Dalam daftar 24 kandidat, terdapat dua bek lagi selain Bonucci. Mereka adalah Dani Carvajal (Real Madrid) dan Sergio Ramos (Real Madrid).

Musim ini, Bonucci akan mengarungi petualangan baru bersama klub barunya, AC Milan. Dengan nilai transfer 42 juta euro, bek 30 tahun itu langsung dipercaya sebagai kapten baru I Rossoneri. (Abul Muamar)

 

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.