Sukses

Panglima TNI Yakin Karate Raih Emas SEA Games 2017

Karate ditargetkan meraih dua medali emas di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta para karateka Indonesia bertarung tanpa kenal takut demi mendapatkan hasil terbaik di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Lihat para pahlawan Indonesia dahulu yang tidak pernah takut melawan musuh walau dengan senjata seadanya," kata Gatot dalam acara pelepasan atlet karate Indonesia di SEA Games 2017, Malaysia, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (18/8/2017), seperti dinukil dari Antara.

Menurut Gatot, yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB Forki), sejatinya seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali sudah memiliki darah ksatria, patriot, dan petarung di dalam darahnya. Begitu pula para atlet karateka.

Bedanya, para atlet memiliki kesempatan untuk menunjukkan semangat tersebut ke seluruh dunia melalui olahraga. Ketika berhasil, Bendera Merah Putih pun akan berkibar dan dihormat oleh warga internasional. Inilah yang disebut Panglima TNI kerap membuatnya iri.

"Saya saja sebagai Panglima TNI tidak bisa melakukan seperti itu, mengibarkan Bendera Indonesia di negeri orang dan dihormati oleh masyarakat dari berbagai negara. Karena itulah saya sebenarnya iri pada kalian," tutur Gatot.

Karena itu, dia meminta karateka yakin pada kemampuannya sendiri, yakin pada beragam latihan dan turnamen sebelumnya yang sudah dijalani.

"Perhatikan betul lawan kalian nanti, antisipasi keunggulannya dan maksimalkan kelemahannya. Saya yakin kalian bisa dan mampu mendapatkan emas," ujar Gatot.

Wejangan dari Panglima TNI mendapat sambutan baik dari para karateka. Karateka berpengalaman yang turun di kumite putra Hendro Salim menyebut Panglima TNI bisa memotivasi dia dan rekan yang akan bertarung di Malaysia.

"Pengaruh motivasi Panglima TNI sangat besar karena dia ketua kami," ujar karateka berusia 29 tahun.

Kontingen karate Indonesia menyiapkan 18 atlet ditambah dua atlet cadangan untuk SEA Games 2017 dengan target dua emas dari PB Forki. Cabang olahraga karate akan dipertandingkan pada 22-24 Agustus 2017 di Kuala Lumpur Convention Centre, Hall 1, Malaysia.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.