Sukses

Pembawa Obor SEA Games Lambangkan Masa Lalu, Kini, dan Masa Depan

Lima pembawa obor SEA Games adalah legenda atlet Malaysia.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Ada sesuatu yang khusus disiapkan Malaysia dalam pembukaan SEA Games 2017, Sabtu (19/8/2017). Para pembawa obor dalam acara ini akan melambangkan ikon-ikon olahraga Malaysia masa lalu, kini, dan masa mendatang.

Seperti dirilis Bernama, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin, menyebut, penting memandang SEA Games 2017 sebagai sebuah ajang menjanjikan di masa mendatang. Namun, mereka juga tak boleh melupakan masa lalu.

Itulah sebabnya, delapan orang yang akan membawa obor dalam pembukaan SEA Games 2017 dipilih sosok-sosok atlet yang mewakili masa lalu, kini, dan masa depan. Setidaknya, ada lima orang yang mewakili atlet masa lalu, satu masa kini, dan dua atlet berprospek di masa depan.

Kenny Ang (bowling), Ng Joo Ngan (sepeda), Mirnawan Nawawi (hoki); Zaki Sadri (atletik), dan Razif Sidek (bulutangkis), adalah mantan-mantan atlet yang pernah mengharumkan nama Malaysia di masa jayanya.

Sedangkan untuk atlet masa kini ditunjuklah atlet loncat indah, Bryan Nickson Lomas, 27 tahun. Bryan adalah juara dunia junior pertama yang dimilliki Malaysia. Dia juga pernah lolos kualifikasi Olimpiade Athena 2004 saat berusia 14 tahun.

Sementara, Pandelela Rinong , 24 tahun, dan Nur Dhabitah Sabri, 18 tahun, ditunjuk sebagai atlet yang memiliki prospek di masa mendatang. Seperti juga Bryan, Pandelela dan Nur adalah atlet loncat indah, untuk nomor putri.

“Ini akan jadi sebuah kejutan. Kita tunggu dan lihat saja nanti pada hari pelaksanaannya,” ujar Jamaluddin, tersenyum, dalam jumpa pers di Stadion Nasional Bukit Jalil, Jumat (18/8/2017). “Yang jelas, penyalaan api kaldron akan jadi simbol menuju ke arah masa depan.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.