Sukses

Palembang Targetkan Venue Asian Games Rampung Maret 2018

Persiapan Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 semakin mendekati tahap akhir.

Liputan6.com, Jakarta - Persiapan Palembang menjadi tuan rumah Asian Games semakin mendekati tahap akhir. Gubernur Sumatra Selatan, Alex Noerdin, mengklaim seluruh venue bakal rampung pada Maret tahun depan.

Alex mengatakan saat ini sudah ada fasilitas pertandingan yang siap digunakan. Delapan venue diperkirakan rampung dan siap dipakai pada Desember 2017. Namun, ada dua venue yang pembangunannya baru kelar tahun depan. 

"Seluruh venue kelar dibangun Desember. Namun, untuk bowling baru selesai pada Februari tahun depan, sedangkan lapangan utama untuk tenis selesai sebulan berselang alias pada Maret 2018," kata Alex Noerdin kepada wartawan setelah acara Hitung Mundur Asian Games 2018 di Palembang, Jumat (18/8/2017). 

Sebanyak 39 cabang olahraga bakal dipertandingkan pada Asian Games 2018. Palembang, yang mendampingi Jakarta sebagai tuan rumah, kebagian menggelar 10 cabang olahraga. 

Cabor yang dipertandingkan di Palembang, yaitu basket, tenis, voli pantai, sepak bola wanita, dayung, kano/kayak, triathlon, panjat tebing, menembak, dan sepak takraw. 

"Kami juga sudah menggelar test event, yaitu di cabang triathlon. Kami menggelar Kejuaraan Asia triathlon sekitar tiga pekan lalu. Sebanyak 36 negara berpartisipasi, dengan atlet sebanyak 400 orang," sambung Alex Noerdin. 

Venue pertandingan Asian Games 2018 di lapangan tak seluruhnya merupakan bangunan yang baru dibangun. Ada beberapa cabang yang sudah ada venuenya, sedangkan sebagian venue lain hanya diperlebar atau diperbaiki. 

Salah satu venue yang perlu diperlebar adalah cabang menembang. Venue menembak terletak di Kompleks Jakabaring. Venue lama yang sebelumnya pernah dipakai untuk menggelar event-event lain perlu dipugar supaya memenuhi syarat untuk menggelar Asian Games.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.