Sukses

Gowes Pesona Nusantara Jombang Bakal Sambangi Museum Gus Dur

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Jombang, Jawa Timur, Minggu (20/8/2017) bakal berlangsung meriah. Sekitar 2.500 pesepeda akan ikut meramaikan GPN di Jombang.

Bupati Jombang, H Nyono Suharli Wihandoko dijadwalkan melepas para penggowes dari alun-alun kota Jombang yang nantinya akan melintasi rute perkotaan dan pedesaan Jombang dengan jarak sekitar 20 Km.

Setelah mampir sebentar ke museum Gus Dur, para penggowes akan melalui tujuh pondok pesantren yang ada di Jombang, di antaranya Pondok Pesantren Tebu Ireng milik almarhum Gus Dur dan Pondok Pesantren Tambak Beras milik Wabup Jombang, Mudjidah Wahab.

Sementara itu, seperti yang dilakukan di kota dan kabupaten lain, prosesi pengambilan tanah dan air juga dilakukan di Jombang. Untuk air diambil dari Sendang Made, Desa Made, Kecamatan Kudu, Jombang.

Menurut Kabid Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora, I Nyoman Winata, air Sendang Made dipilih karena memiliki sejarah menarik.

"Sendang Made adalah tempat pelarian Raja Airlangga saat dikejar-kejar musuhnya. Di Sendang Made ini, Airlangga membuat sendang, sebanyak 7 sendang. Di sendang itu pula, banyak orang yang datang untuk meminta berkah, dll," ujar Nyoman Winata seperti rilis yang diterima media.

Prosesi pengambilan tanah dan air di kabupaten Jombang (dok: Kemenpora)

Proses pengambilan air di Sendang Made, dilakukan oleh juru kunci Sendang Made, Mbah Supono (56). Selanjutnya air tersebut diserahkan kepada pasangan Cak Besut dan Ning Rukmini. Pada Minggu (20/8/2017) pagi, air tersebut akan diserahkan dari Bupati Jombang kepada Asdep Pengelolanya Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga, Teguh Raharjo.

Sedangkan tanah, akan diambil dari area pemakaman Presiden ke-4 RI, Gus Dur. Untuk acara Gowes Pesona Nusantara pada Minggu pagi, pihak panitia telah menyiapkan doorprize mulai dari kipas angin hingga sepeda motor.

Artikel Selanjutnya
Cari Sehat di Gowes Pesona Nusantara Kulon Progo
Artikel Selanjutnya
3.000 Pesepeda Ramaikan Gowes Pesona Nusantara di Demak