Sukses

Ryan Nirwan Tercepat di Kelas Sprint Rally

Liputan6.com, Palembang - Hari pertama Kejurnas Rally 2017 di Lintasan Tanjung Senai, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan mempertandingkan kelas Sprint Rally. Dalam kelas ini pereli asal Kalimantan Timur Ryan Nirwan merajai seri ke-4 setelah mencetak catatan waktu tercepat mengalahkan 24 pereli lainnya, Sabtu, (19/8/2017).
    
Ryan Nirwan yang didampingi navigatornya Adi Indiarto mampu menjaga performanya di 3 Spesial Stage (SS) dengan total jarak 4,5 km per SS, berkat kejelian mengatur kecepatan.
    
Pereli yang tergabung dalam Tim BMR Motorsport mengendarai kendaraan Subaru WRX tampil menjadi pemenang pada M1 dengan membukukan catatan waktu 0.11.55,0.

 
Sementara peringkat kedua ditempati Benny Lautan/Edwin Nasution asal Sumut dari Tim Speed Line Motorsport dengan catatan waktu 0.11.59,0, dan tempat ketiga Priamanaya Djan/Hery Koentoyo dari FBRT Sport dengan catatan waktu 0.12.39,1. "Track-nya tidak mudah, semakin lama semakin licin dan begitu pula dengan debunya. Kami pun terpaksa mengurangi kecepatan karena jika terus digeber justru semakin terjebak," ujarnya.
    
Juara Kejurnas Sprint Rally tahun 2016 ini mengatakan pada SS 1 sempat mencapai top speed, namun memasuki SS 2 mulai bergerak turun kecepatannya, bahkan semakin turun pada SS 3. Rupanya hal ini juga terjadi pada pereli lainnya. "Bahkan kami sempat keluar jalur, tapi bersyukur sekali bisa kembali dan kejar top speed di SS 3," tukasnya.
    
Sebanyak 25 pereli ambil bagian pada Kejurnas ini yang dibagi dalam tiga kelompok yakni seeded A, seeded B, dan non-seeded.
    
Ryan sendiri tidak menyangka dirinya akan keluar sebagai juara umum karena ketatnya persaingan dengan pereli nasional Benny Lautan/Edwin Nasution asal Sumatera Utara. Begitu pula dengan pereli yang memenangkan untuk kategori non-seeded Andi Batara/Adi Wibowo.
    
Meski telah menjadi yang terbaik pada Kejurnas Sprint, Ryan enggan berpuas diri karena juga membidik gelar di seri ke-1 Kejurnas Speed Rally. "Saya yakin tentunya teman-teman akan berusaha mengalahkan besok. Saya sendiri sudah siap baik fisik dan mental karena besok akan mempertandingkan 9 SS, yangmana tiap SS ada belasan kilometer dengan total 143 km," tandasnya.
    
Kejurnas Rally 2017 ini akan terus berlanjut pada Minggu (20/8) dengan mempertandingkan nomor Speed Rally. Pada nomor ini sebanyak 25 pereli ambil bagian untuk menjajal lintasan di perkebunan tebu Cinta Manis, Ogan Ilir.

Indra Pratesta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.