Sukses

Bendera Indonesia Terbalik, Pemerintah Malaysia Minta Maaf

Permintaan maaf Malaysia disampaikan kepada Menpora Imam Nahrawi.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia melalui Menteri Belia dan Sukan Khairy Jamaluddin akhirnya meminta maaf kepada rakyat Indonesia atas  insiden terbaliknya warna bendera merah-putih pada majalah souvenir spesial di pembukaan SEA Games 2017.

Permintaan maaf disampaikan Khairy usai melakukan pertemuan dengan Menpora Imam Nahrawi di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017) siang. 

"Saya baru tadi mengadakan pertemuan dengan Pak Imam (Menpora) berkenaan dengan kesalahan yang dibuat tuan rumah (Malaysia) dalam percetakan buku cendera mata yang diedarkan ke tamu kehormatan semalam. Dimana ada kesalahan besar percetakan bendera Indonesia yang dicetak terbalik. Ini suatu kesalahan yang besar dan saya sebagai pihak tuan rumah telah memohon maaf kepada pak Imam selaku Menpora dan memohon maaf pada seluruh rakyat Indonesia," katanya seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora.

Khairy menegaskan terbaliknya bendera [Indonesia](http://bola.liputan6.com/read/3062656/dicky-indrayana-penjaga-spiritual-timnas-indonesia-u-22 "") di majalah souvenir spesial pada pembukaan SEA Games 2017 merupakan sesuatu yang sama sekali tidak disengaja oleh Malaysia.

"Ini tidak disengaja tetapi sesuatu yang memang kesalahan kami, dan ini kesalahan yang besar hingga merusak image indonesia. Untuk itu saya telah memerintahkan supaya semua buku tak diedarkan lagi, dan akan dibuat cetakan baru dibuat untuk dibetulkan dan akan dikirim kembali ke tamu negara yang hadir di acara pembukaan," tambahnya.

"Permohonan maaf resmi akan dikeluarkan dari Kerajaan Malaysia, termasuk permohonan resmi saya kepada Bapak Imam secara lisan dan tertulis sebagai bentuk permohonan maaf atas yang berlaku. Atas semangat setia kawan dan serumpun, permohonan maaf dapat dipertimbangkan oleh masyarakat dan kita bisa terus membina hubungan yang baik antar kedua negara, dan tanggung jawab kita memastikan selama SEA Games kita bisa mempererat silaturahmi dan persahabatan Malaysia dan Indonesia," ucapnya.

Imam akan menyampaikan permintaan maaf Khairy kepada Presiden Joko Widodo. Seperti diketahui, Jokowi memang menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia soal insiden di pembukaan SEA Games 2017.

"Beliau adalah sahabat dekat saya dan selama ini selalu kuat mempererat hubungan kita sesama negara serumpun. Kita memaklumi momentum SEA Games sebagai wadah mengkokohkan persahabatan antar negara-negara Asean," kata Menpora.

"Kami memaklumi apa yang disampaikan pak Khairy dan akan menyampaikannya ke Presiden Joko Widodo. Dan saya berharap hal ini tak terulang karena apapun bendera adalah simbol negara yang harus dihormati dan SEA Games adalah perhelatan yang dijunjung tinggi bersama," lanjut Menpora.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.