Sukses

4 Pemain Debutan Liga Italia Asal Ligue1

Liputan6.com, Turin - Setelah melewati negosiasi yang panjang, Juventus akhirnya berhasil mendatangkan Blaise Matuidi dari Paris Saint Germain. Gelandang Timnas Prancis itu resmi direkrut pada 18 Agustus kemarin, atau tepat sehari sebelum bergulirnya Liga Italia musim 2017/2018.

Di Juventus, Matuidi termasuk rekrutan yang paling cepat dimainkan. Tak butuh waktu lama, ia langsung tampil dalam laga pembuka melawan Cagliari, Sabtu malam (19/8/2017).

Pelatih Massimiliano Allegri menurunkannya di babak kedua, tepatnya pada menit ke-71 menggantikan Gonzalo Higuain. Sementara rekrutan lainnya, termasuk Federico Bernardeschi dan Mattia De Sciglio, belum diturunkan dalam laga kemarin.

Meski sudah berumur 30 tahun, Matuidi sendiri baru kali ini membela klub Liga Italia. Selama ini, sepanjang umurnya sejak remaja, ia habiskan di Prancis. Laga melawan Cagliari kemarin pun merupakan pertandingan perdananya di Liga Italia.

Namun, Matuidi tak sendirian. Selain dia, ada empat pemain asal Liga Prancis lainnya yang juga baru pertama kali merumput di Liga Italia musim ini. Siapa saja mereka? Berikut informasi selengkapnya.

Saksikan video menarik berikut ini:



1 dari 5 halaman

1. Dalbert Henrique (Nice)

Sebelum kehadiran Matuidi, Liga Italia sempat dihebohkan oleh transfer Dalbert Henrique. Bek sayap kiri asal Brasil itu diperebutkan oleh Juventus dan Inter Milan.

Dua raksasa Inggris, Arsenal dan Chelsea, yang juga meminatinya. Namun, Inter yang akhirnya berhasil mendapatkannya, dengan harga 20 juta euro.

Dalbert merupakan pemain jebolan akademi klub Brasil, Bara Mansa. Bergabung dengan Inter akan menjadi pengalaman pertama baginya merumput di Liga Italia, sejak tiba di tanah Eropa tahun 2013. Sebelumnya, selain di Liga Prancis, pemain 23 tahun itu pernah bermain di Liga Portugal bersama Vitoria Guimareas.

Bersama Inter, Dalbert dikontrak hingga Juni 2022 dan diberi gaji 1,1 juta euro per musim. Kedatangannya membuat sejumlah bek Inter terancam terdepak. Dua di ntaranya yang sudah, yakni Gary Medel (ke Besiktas) dan Jeison Murillo (ke Valencia).

2 dari 5 halaman

2. Valentin Eysseric (Nice)

Nice tak cuma kehilangan Dalbert di bursa transfer musim panas ini. Mereka juga melepas Valentin Eysseric ke Liga Italia. Adalah Fiorentina, yang merekrutnya dengan nilai transfer 3,5 juta euro.

Sama seperti Matuidi, ini adalah pertama kalinya Eysseric merumput di Serie A. Selama ini, gelandang serang berusia 25 tahun itu hanya berkutat di Liga Prancis, meloncat dari satu tim ke tim lain. Antara lain AS Monaco, Saint Etienne, dan Nice.

Yang mengejutkan, Fiorentina mempercayakan nomor punggung 10 kepada Eysseric. Meski bukan nomor punggung keramat layaknya di Juventus atau Napoli, nomor tersebut tetap disegani, dan karenanya hanya dipakai oleh pemain bintang. Sebelumnya, nomor 10 di Fiorentina dipakai oleh Federico Bernardeschi, sebelum pindah ke Juventus.

3 dari 5 halaman

3. Adam Ounas

Pemain asal Liga Prancis berikutnya yang juga akan menjalani debutnya di Serie A musim ini adalah Adam Ounas. Ia meninggalkan Bourdeaux untuk bergabung dengan Napoli, 4 Juli lalu.

Wonderkid 20 tahun itu pindah dengan nilai transfer sebesar 10 juta euro dan dikontrak hingga Juni 2022.

Ounas merupakan pemain keturunan Aljazair-Prancis. Ia lebih memilih Aljazair untuk tim nasional. Namun sebelumnya ia sempat tergabung dalam Timnas U-20 Prancis pada tahun 2015 dan tampil dalam dua pertandingan.

Lahir di Chambray les Tours, Prancis, Ounas mengeyam pendidikan di akademi Bordeaux. Ia menembus tim senior sejak tahun 2015. Selama membela Bordeaux, ia tampil dalam 60 laga, dengan catatan 10 gol dan 6 assist.

Namun, pada laga melawan Hellas Verona kemarin, Ounas tidak ikut bermain. Pelatih Maurizio Sarri masih belum yakin untuk menurunkannya.

4 dari 5 halaman

4. Maxime Gonalons

Maxime Gonalons akhirnya benar-benar meninggalkan Olympique Lyon, setelah melewati rumor yang panjang. Gelandang berdarah Prancis itu bergabung dengan AS Roma dengan nilai transfer 5 juta euro, pada 3 Juli lalu.

Semula, Gonalons sempat diperkirakan takkan meninggalkan Lyon sampai akhir kariernya. Maklum saja, Lyon merupakan klub yang sudah ia bela sejak remaja, dan kini ia sudah berusia 28 tahun.

Tercatat, sebelum hengkang, ia sudah tampil di sebanyak 334 pertandingan, dengan kontribusi 13 gol dan 12 assist.

Namun, karena kontraknya tak lagi diperpanjang, Gonalons pun memantapkan langkahnya menuju Roma. I Giallorossi mengontraknya hingga Juni 2021. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Buffon Menjadi Penjaga Gawang
Artikel Selanjutnya
Usai Dibantai Spanyol, Italia Panggil Pemain Baru