Sukses

Tekuk Kamboja, Timnas Indonesia U-22 ke Semifinal SEA Games 2017

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-22 berhasil lolos ke semifinal SEA Games 2017. Kepastian ini didapat setelah Evan Dimas dan kawan-kawan menang 2-0 atas Kamboja pada pertandingan cabang sepak bola Grup B SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (24/8).

Timnas Indonesia U-22 langsung mendikte pertandingan begitu peluit dibunyikan. Serangan demi serangan dibangun Hansamu Yama dan kawan-kawan.

Pada menit 4, Osvaldo Haay sempat mengancam gawang Kamboja melalui sundulannya. Namun, bola masih menyamping dari gawang kiper Keo Soksela.

Menit 26, timnas Indonesia U-22 mendapat peluang terbaiknya. Melalui skema serangan balik, Evan Dimas melepas umpan matang kepada Saddil Ramdani di kotak penalti. Apa daya, eksekusi Saddil tak tepat sasaran.

Selang semenit, giliran Evan Dimas yang beraksi. Dari luar kotak penalti, gelandang Bhayangkara FC itu melepas tembakan spekulasi. Sial bagi Evan, bola melambung di atas mistar.



Kamboja tak tinggal diam. Beberapa kali Son Vandeth dan kawan-kawan mencoba melepas tembakan dari luar kotak penalti. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil.

Kamboja harus bermain dengan 10 pemain jelang babak pertama berakhir. Bek tengah mereka, Choum Pisa, diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Ricky Fajrin yang mencoba masuk ke kotak penalti. Skor 0-0 menutup babak pertama.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Timnas Indonesia U-22 bermain lebih agresif di babak kedua. Usaha ini tak sia-sia karena Ezra Walian berhasil membuka keunggulan Garuda Muda pada menit 55. Berawal dari kemelut di kotak penalti, Ezra melepaskan tembakan yang berhasil menjebol gawang Keo Soksela.

Menit 69, Febri Haryadi sukses menggandakan keunggulan timnas Indonesia U-22. Dari luar kotak penalti, wonderkid Persib Bandung itu mengirim tendangan geledek akurat. Skor jadi 2-0 untuk Indonesia dan kedudukan ini bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, timnas Indonesia U-22 menempati posisi runner-up klasemen Grup B dan lolos ke semifinal SEA Games 2017. Pasukan Luis Milla akan menghadapi tuan rumah Malaysia di babak empat besar.

Sementarta itu, Thailand akhirnya keluar sebagai juara Grup B setelah berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 di Stadion Selayang.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22: Kurniawan Kartika Ajie; Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama, Andy Setyo, Ricky Fajrin (Ezra Walian 53'); Evan Dimas, M. Hargianto, Saddil Ramdani, Septian David Maulana, Osvaldo Haay (Febri Haryadi 46'); Marinus Wanemar

Timnas Kamboja U-22: Keo Soksela; Soeuy Visal, Choum Pisa, Chheng Meng, Nub Tola; Brak Thiva, Hoy Phallin, Choun Chanchav, Kunthea Ravan, Son Vandeth; Noun Borey

Artikel Selanjutnya
Bungkam Tuan Rumah, Thailand Rebut Emas Sepak Bola SEA Games
Artikel Selanjutnya
Pernyataan Lengkap Luis Milla Usai Timnas Indonesia Tekuk Myanmar