Sukses

Bobol Gawang Kamboja, Cara Elegan Ezra Walian Bungkam Keraguan

Liputan6.com, Selangor - Penyerang naturalisasi timnas Indonesia U-22, Ezra Walian sukses membungkam kritik. Setelah sempat dianggap mandul, pemain berdarah Belanda itu akhirnya mencetak gol untuk Garuda Muda.

Ya, gol debut Ezra Walian diukir kala timnas Indonesia U-22 melawan Kamboja pada laga pamungkas Grup B SEA Games 2017 melawan Kamboja di Shah Alam Stadium, Kamis (24/8/2017) sore. Saat itu, ia baru masuk menggantikan Ricky Fajrin di menit ke-54.

Tanpa butuh waktu lama, pemain berdarah Belanda itu langsung membuktikan ketajamannya. Ia sukses memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti lawan dengan melepaskan tendangan yang tak mampu dihadang kiper Keo Soksela di menit ke-56.

Gol itu menjadi pembuka kemenangan timnas Indonesia atas Kamboja. Tak lama setelah itu, Febri Hariyadi menyusul Ezra untuk mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-69. Dua gol tersebut mengantar tim Merah Putih ke semifinal SEA Games 2017.

Betul, kesuksesan timnas Indonesia U-22 ke semifinal juga tak lepas dari bantuan Thailand. Di waktu yang sama, Thailand menghajar Vietnam tiga gol tanpa balas. Berkat kemenangan Thailand, timnas Indonesia U-22 tak harus mencetak tiga gol untuk lolos ke semifinal.

Di sisi lain, gol ini menjadi pembuktian bahwa PSSI tak salah memilih Ezra Walian untuk dinaturalisasi. Sebelumnya, banyak yang mempertanyakan kualitasnya karena pemain berusia 19 tahun itu tak kunjung menyumbang gol dengan seragam timnas.

1 dari 2 halaman

Nama Besar Ezra

Padahal, Ezra datang dengan nama besar. Itu karena ia sudah menimba ilmu di akademi sekaliber AZ Alkmaar dan Ajax Amsterdam. Bahkan, ia sudah menikmati petualangan bersama Jong Ajax di musim 2016/2017.

Laga pertamanya bersama timnas Indonesia U-22 dikecap saat menjalani uji coba melawan Myanmar pada Maret 2017. Namun, Ezra baru menjalani proses pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), 18 Mei 2017.

Ezra Walian mencium bendera Merah Putih usai melaksanakan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (18/5). Pembacaan sumpah pun dipimpin oleh Ketua Kanwil, Endang Sudirman. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Sekarang saya sangat senang karena telah resmi menjadi warga negara Indonesia. Saya juga merasa bangga setelah menjadi orang Indonesia. Saya harap bisa menjadi seseorang buat timnas dan memberikan sesuatu buat negara ini," ujar Ezra saat itu.

Kini, ucapan putra dari Glen Walian tersebut benar-benar dibuktikan dengan golnya ke gawang Kamboja. Meski harus menunggu cukup lama, setidaknya gol pertama Ezra datang pada momen penting.

Artikel Selanjutnya
Cuplikan Gol Myanmar Sebelum Kalah dari Timnas Indonesia U-19
Artikel Selanjutnya
Egy Maulana 2 Gol, Timnas Indonesia U-19 Bungkam Myanmar