Sukses

Ini Kunci Sukses Triyadi Fauzi Rebut Emas SEA Games 2017

Triyadi Fauzi rebut emas SEA Games 2017 di cabang renang nomor 200 m gaya ganti.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Triady Fauzi Sidiq akhirnya meraih medali emas SEA Games 2017 di cabang olahraga renang nomor 200 meter gaya ganti. Pada SEA Games 2015, di nomor yang sama, dia finis di posisi keempat.

Perenang asal Tasikmalaya itu menjadi yang tercepat dengan catatan dua menit dan 1,72 detik. Dia unggul dari perenang Singapura, Sheng Jun Pang yang berhasil mencatatkan waktu dua menit dan 2,06 detik.

"Perasaan saya senang sekali. Akhirnya, target tercapai, saya memang dipersiapkan di 200 meter gaya ganti SEA Games sejak awal tahun," kata Triady usai pertandingan.

Lebih lanjut, Triady mengatakan, torehan medali emas yang diraihnya didapat dengan susah payah. Dia harus kejar-kejaran dengan Sheng Jun.

"Pas gaya dada lebih yakin nyusul, passing dorong ke air sudah lumayan bagus. Tapi, saya sempat kendor di punggung dan pas dada saya coba tingkatkan lagi. Akhirnya saya maksimalkan di gaya bebas yang terakhir," ujarnya menegaskan.

Triady sebelumnya merupakan salah satu atlet renang andalan Indonesia di nomor gaya bebas. Dia memilih pindah haluan karena melihat peluang meraih medali emas lebih besar.

"Kalau ada peluang di gaya lain, kenapa mencari lawan yang lebih berat dan lebih susah dari 200 gaya ganti? Ini kerena peluangnya lebih besar. Di SEA Games, saya awalnya fokus di 50 dan 100, setelah dilihat-lihat pelatih ternyata peluang lebih ada di 200. Jadi saya di 200 mainnya," ujar pria berusia 26 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.