Sukses

Siapa Terhebat di MotoGP Inggris, Rossi atau Lorenzo?

Dalam lima musim terakhir, tim Yamaha sudah mengoleksi tiga kemenangan di MotoGP Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Sirkuit Silverstone, Inggris, akan menandai gelaran MotoGP seri 12 di akhir pekan ini. Tim Yamaha punya kans besar untuk mengakhiri periode buruk di tiga balapan terakhir mengingat Pabrikan Jepang ini punya rapor bagus selama mengaspal di lintasan sepanjang 4,2 km.

Dalam lima musim terakhir, tim Yamaha sudah mengoleksi tiga kemenangan di MotoGP Inggris. Masing-masing dicetak oleh Jorge Lorenzo (2012-2013) dan Valentino Rossi (2015). Namun, komposisi pembalap Yamaha sudah berubah mengingat X-Fuera sudah bergabung dengan Ducati Corse.

Di sisi lain, Yamaha masih punya pembalap yang tak kalah baik, yakni Maverick Vinales. Musim lalu, pembalap Spanyol itu berdiri gagah di podium pertama saat balapan di Sirkuit Silverstone. Artinya, peluang untuk meneruskan tren positif masih terbuka.

Apalagi belum lama ini, Rossi maupun Vinales baru saja melakukan pengujian tertutup di Sirkuit Misano. Pengujian ini dilakukan untuk mengatasi masalah pada perangkat elektronik dan ban.



Di bagian terpisah, Marc Marquez maupun Andrea Dovizioso tentunya tidak ingin kemenangan hilang dari tangannya. Kedua pembalap itu diprediksi bakal tampil habis-habisan pada balapan MotoGP akhir pekan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik MotoGP Inggris

1. Sirkuit Silverstone sudah menggelar balapan sejak 1977 dan baru kembali menjadi tuan rumah pada 2010.

2. Pat Hennen dari tim Suzuki menjadi pembalap kelas 500cc pertama yang memenangkan grand prix di Silverstone pada 1977.

3. Sejak balapan grand prix kembali ke Silverstone pada 2010, hasil terbaik yang ditorehkan pembalap Inggris yang berada di kelas utama MotoGP dalam balapan kandangnya adalah finis kedua yang dicetak oleh Cal Crutchlow pada 2016.

4. Tiga pembalap Inggris telah memenangkan balapan grand prix di Silverstone adalah Danny Kent (Moto3) pada 2015, Scott Redding (Moto2) pada tahun 2013, dan Ian McConnachie menang di kelas 80cc pada 1986.
    
5. Dalam enam tahun terakhir, Yamaha telah mengoleksi empat kemenangan dan Honda baru dua kali kemenangan.
 
6. Jorge Lorenzo sudah mengoleksi 3 kali juara yakni pada tahun 2010, 2012, dan 2013.

7. Hasil terbaik di MotoGP untuk Ducati selama tampil di Sirkuit Silverstone adalah finis ketiga melalui Andrea Dovizioso pada 2015.

8. Valentino Rossi menjadi pembalap yang paling sering finis di posisi pertama. Tercatat, The Doctor telah mengoleksi delapan kali kemenangan di semua kelas.

9. Valentino Rossi telah memulai 299 dari 851 balapan di kelas utama yang telah berlangsung sejak Kejuaraan Dunia dimulai pada 1949.

10. Valentino Rossi telah menyelesaikan balapan dengan berada di podium pada 26 sirkuit yang berbeda di kelas utama. Satu-satunya trek yang belum dimenangkannya adalah Red Bull Ring, Austria.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.