Sukses

16 Fakta Menarik Fase Grup Liga Champions

Real Madrid yang berstatus sebagai juara bertahan Liga Champions menempati Grup H.

Pengundian peserta fase grup Liga Champions telah dilaksanakan di Monako pada Kamis (24/8/2017). Sebanyak 32 tim terbagi ke dalam delapan grup berbeda.

Real Madrid yang berstatus sebagai juara bertahan menempati Grup H bersama Borussia Dortmund, Tottenham Hotspur, dan APOEL Nicosia. Situasi itu membuat Grup H pantas dilabeli sebagai grup neraka.

Pertemuan menarik lainnya terjadi di Grup D, yaitu antara Barcelona dan Juventus. Kedua klub tersebut pernah saling "menyakiti" di Liga Champions. Pada musim 2016-17, Juventus menyingkirkan Barcelona pada babak perempat final.

Paris Saint-Germain yang mendatangkan Neymar untuk mengejar prestasi di Liga Champions, menempati Grup B bersama raksasa Jerman, Bayern Munchen. Pelatih Bayern Munchen, Carlo Ancelotti, akan menjadi sorotan karena ia merupakan bagian dari revolusi yang terjadi di PSG pada 2011.

Sementara itu, Manchester United yang kembali tampil di Liga Champions menempati Grup A bersama Benfica, CSKA Moscow dan FC Basel. The Red Devils menjadi klub favorit di bawah kendali Jose Mourinho.

Pada musim 2016-17, ada dua klub yang akan mencatatkan penampilan perdana di Liga Champions, yaitu Qarabag yang berasal dari Aljazair dan RB Leipzig dari Jerman.

Berikut ini adalah fakta menarik fase grup Liga Champions:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik Liga Champions 2017-18

Fakta menarik fase grup Liga Champions 2017-18. (doc. UEFA)

- Manchester United adalah klub Inggris pertama yang menjuarai Piala Eropa (sekarang Liga Champions). Pada 1968, Manchester United mengalahkan Benfica dengan skor 4-1 untuk meraih gelar pertama di ajang tersebut. Kini, mereka berada dalam satu grup bersama Benfica.

- Ini menjadi kali ketiga bagi Manchester United dan CSKA Moscow berada dalam satu grup. Sebelumnya, kedua klub berada di grup yang sama pada musim 2009-10 dan 2015-16.

- Pada 2011-12, Basel membuat Manchester United gagal lolos dari fase grup Liga Champions.

- Pelatih Bayern Munchen, Carlo Ancelotti, akan bertemu dengan mantan klubnya, PSG, di Grup B. Ancelotti menangani PSG pada periode 2011-2013.

- PSG empat kali menang dari enam pertemuan dengan Bayern Munchen.

- Atletico Madrid mencapai laga final Liga Champions 2014 setelah mengalahkan Chelsea dengan agregat 3-1.

- Atletico Madrid pernah menundukkan Chelsea pada laga Piala Super Eropa dengan skor 4-1. Saat itu, Radamel Falcao mencetak hattrick untuk Atletico.

- Fernando Torres dan Filipe Luis merupakan pemain Atletico Madrid yang pernah membela Chelsea.

- Juventus kembali bertemu dengan Barcelona setelah menyingkirkan klub Spanyol tersebut pada perempat final Liga Champions 2016-17.

- Sevilla dan Liverpool pernah bertemu pada laga final Liga Europa 2016. Saat itu, Sevilla keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1.

- Bek Liverpool, Alberto Moreno, merupakan jebolan Sevilla. Ia mencatatkan 62 penampilan untuk Sevilla sebelum hengkang ke Liverpool pada 2014.

- Napoli pernah berada satu grup dengan Manchester City pada 2011-12. Saat itu, Manchester City berstatus sebagai klub debutan Liga Champions.

- FC Porto mengalahkan AS Monaco pada laga final Liga Champions 2004. Saat itu, Porto yang ditangani Jose Mourinho menang dengan skor 3-0.

- Kali ini menjadi musim kedua secara beruntun, Real Madrid berada dalam satu grup dengan Borussia Dortmund. Pada musim 2016-17, Dortmund berstatus sebagai juara grup, sedangkan Real Madrid menempati peringkat kedua.

- Gareth Bale akan menghadapi mantan klubnya, Tottenham Hotspur. Pemain asal Wales itu mencatatkan 146 penampilan di Premier League pada rentang waktu 2007 hingga 2013.

- Borussia Dortmund menjadi klub yang menyingkirkan Tottenham Hotspur pada babak 16 besar Liga Europa 2015-16. Saat itu, Dortmund menang dengan agregat total 5-1.

Sumber: UEFA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.