Sukses

MotoGP: Patah Tulang, Rossi Segera Naik Meja Operasi

Valentino Rossi juga pernah mengalami cedera yang sama 2010 lalu.

Liputan6.com, Jakarta Karier Valentino Rossi sebagai pembalap MotoGP terancam berakhir setelah mengalami kecelakaan saat latihan enduro, Kamis (31/8/2017). Akibat kejadian ini, The Doctor mengalami cedera parah, yakni patah tulang tibia dan fibula pada kaki kanannya.

Ini bukan kali pertama Rossi kecelakaan di luar lintasan MotoGP. Sebelum MotoGP seri Mugelo, Rossi juga mengalami cedera di bagian perut dan dada akibat bermain motocross.

Insiden yang kembali menimpa Rossi tentu membuat peluangnya mengejar gelar juara dunia MotoGP tahun ini semakin sulit. Padahal sebelum cedera, Rossi masih berada di posisi empat besar. Saat ini, Rossi berada di urutan keempat dengan koleksi 157 poin atau 26 poin di belakang pimpinan klasemen MotoGP 2017, Andrea Dovizioso yang mengemas 183 poin.  

Pihak Yamaha segera bergerak cepat. Setelah mengeluarkan pengumuman resmi seputar kondisi Rossi, tim berlogo garputala itu juga segera menyiapkan langkah penanganan. 

"Pembalal berusia 38 tahun dari Italia itu akan menjalani operasi secepat mungkin," bunyi pernyataan Yamaha seperti dilansir Crash. "Pengumuman mengenai masalah medis selanjutnya akan disampaikan hari Jumat, 1 September 2017," Yamaha menambahkan. 

Insiden ini tentu saja membuat Rossi sementara harus menepi dari lintasan MotoGP. Saat mengalami cedera yang sama pada latihan di Sirkuit Mugelo, 2010 lalu, Rossi juga sempat naik meja operasi. Dan proses pemulihan setelah itu membutuhkan waktu enam pekan. 

Sementara itu, MotoGP musim ini masih menyisakan enam seri lagi. Sejauh ini, Rossi baru memenangkan satu seri dan naik podium sebanyak lima kali. Podium terakhir didapatnya saat finis  di urutan ketiga pada balapan yang berlangsung di Silverstone, Inggris. 

Saksikan juga video menarik lainnya di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Simpati Sesama Pembalap

Kecelakaan yang menimpa Rossi tidak hanya mengejutkan tim Yamaha, tapi juga mantan rivalnya di MotoGP, Max Biaggi. Lewat Twitter, Biaggi menyampaikan dukungannya bagi Rossi. 

"Semoga cepat sembuh @ValeYellow46. Saya harap itu tidak parah. Saya pernah merasakannya dan bersimpati padanya serta kariernya musim ini. Semoga cepat sembuh," tulis Biaggi. 

Rivalitas Biaggi dan Rossi salah satu yang terpanas di MotoGP. Persaingan mereka dimulai sejak MotoGP/500cc musim 2001. Saat itu, Biaggi terlihat dengan sengaja mendorong Rossi ketika sama-sama melewati tikungan. Dorongan membuat Rossi sedikit keluar lintasan. Tak terima, ia mengacungkan jari tengah ke arah Biaggi setelah menyalip di putaran berikutnya.

Saat itu The Doctor masih memperkuat Honda dan Biaggi menunggangi Yamaha. Gesekan panas mereka terjadi pada MotoGP Jepang di Sirkuit Suzuka. Persaingan itu membuat keduanya juga kerap bertukar sindiran dan komentar pedas.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.