Sukses

Tim Termahal usai Bursa Transfer Musim Panas 2017

Jakarta - Klub-klub besar Eropa berlomba-lomba menambah kekuatan tim dengan mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim panas 2017. Mereka tidak segan merogoh kocek dalam-dalam demi mendatangkan pemain baru.

Rekor transfer pemain termahal dunia pun pecah pada tahun ini. Paris Saint-Germain (PSG) memutuskan membeli Neymar dari Barcelona dengan nilai 199,8 juta pound sterling.

Barcelona juga memutuskan membeli Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund sebagai pengganti Neymar. Dembele kini tercatat sebagai pemain termahal dunia kedua, mengalahkan Paul Pogba.

Dari sisi kompetisi, Liga Inggris menjadi liga terboros pada musim panas ini. Klub-klub Premier League mencatat belanja hingga 1,3 miliar poundsterling pada Juli-Agustus 2017.

Hampir di setiap lini ada kepindahan pemain dengan nilai transfer besar. Manchester City menjadi klub dengan biaya transfer besar untuk urusan barisan pertahanan.

Berikut ini adalah transfer tertinggi per lini pada musim panas 2016 (dalam pound sterling):

1 dari 5 halaman

Kiper

Ederson Moraes (36 juta)

Manchester City harus mengeluarkan dana sebesar 36 juta poundsterling demi merekrut Ederson dari Benfica. Nilai tersebut menjadikan Ederson sebagai kiper termahal dunia kedua di bawah Gianluigi Buffon.

The Citizens membutuhkan Ederson untuk menggantikan peran Claudio Bravo yang tidak begitu dipercaya manajer Pep Guardiola. Selama musim ini bergulir, kiper asal Brasil itu selalu dipercaya mengawal gawang Manchester City.

2 dari 5 halaman

Bek

Kyle Walker (45,9 juta), Leonardo Bonucci (37,8 juta), Davinson Sanchez (36 juta), dan Benjamin Mendy (51,75 juta)

Manchester City membuat rekor transfer bek termahal dunia saat mendatangkan Benjamin Mendy dari AS Monaco. Selain Mendy, The Citizens juga merekrut Kyle Walker dari Tottenham Hotspur dengan nilai transfer yang cukup besar.

Kejutan transfer juga terjadi di posisi bek tengah. Leonardo Bonucci secara mengejutkan memilih pindah dari Juventus menuju AC Milan.

Sebagai pendamping Bonucci dalam daftar ini, satu pemain lain kembali mewakili Premier League. Tottenham Hotspur merekrut Davinson Sanchez dari Ajax Amsterdam.

3 dari 5 halaman

Gelandang

Gylfi Sigurdsson (44,46 juta), Nemanja Matic (40,23 juta), dan Corentin Tolisso (37,35 juta)

Everton melakukan gebrakan dengan menggaet Gilfy Sigurdsson dari Swansea City dengan biaya transfer 44,46 juta poundsterling. Transfer itu menjadi Sigurdsson sebagai pemain termahal The Toffees sepanjang masa.

Sigurdsson akan menjadi pendamping Nemanja Matic dan Corentin Tolisso dalam daftar gelandang termahal musim panas ini. Namun, nilai transfer kedua pemain itu masih di bawah Sigurdsson.

Matic direkrut Manchester United dari Chelsea dengan transfer 40,23 juta poundsterling. Adapun Tolisso pindah dari Olympique Lyon menuju Bayern Munchen dengan banderol 37,35 juta poundsterling.

4 dari 5 halaman

Striker

Ousmane Dembele (94,5 juta), Romelu Lukaku (76,23 juta), dan Neymar (199,8 juta)

Para pemain yang tersaji ini sebenarnya pemuncak tiga daftar pemain termahal musim panas 2017. Secara kebetulan, ketiganya merupakan pemain yang berposisi di barisan depan.

Di posisi teratas, Neymar sudah tentu menempati daftar tersebut karena merupakan pemain termahal sepanjang masa. PSG rela mengaktifkan klausul pelepasan Neymar di Barcelona sebesar 199,8 juta poundsterling.

Transfer Neymar memunculkan efek domino. Barcelona membutuhkan pengganti Neymar dan memutuskan merekrut Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund. Pemain yang baru berusia 20 tahun itu dibeli seharga 94,5 juta poundsterling sekaligus menjadi pemain termahal kedua di bawah Neymar.

Untuk posisi penyerang tengah, Romelu Lukaku menyandang predikat itu. Harga Lukaku saat Manchester United membelinya dari Everton lebih mahal ketimbang kepindahan Alvaro Morata dari Real Madrid menuju Chelsea.

Sumber: Transfermarkt

Artikel Selanjutnya
Mau Beli Griezmann, Ini Nilai yang Harus MU Tebus
Artikel Selanjutnya
5 Klub Besar Eropa Paling Jor-joran di Musim Panas 2017