Sukses

Sirkuit Monza Masih Jadi Misteri bagi Sean Gelael

Sean Gelael masih kesulitan untuk menaklukkan sirkuit legendaris di Italia ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Indonesia, Sean Gelael masih belum bisa menaklukkan Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Italia. Salah satu sirkuit paling legendaris di dunia ini bak misteri bagi putra dari Ricardo Gelael ini.

Ini yang dirasakan Sean saat akan melakoni seri ke-9 Formula 2 yang berlangsung akhir pekan ini. Bagi Sean, sirkuit ini juga masih menjadi tantangan tersendiri. Tahun lalu, pebalap 20 tahun tersebut belum bisa unjuk kebolehan dan meraih hasil kurang maksimal.

Rekan satu tim Sean Gelael di Pertamina Arden yang didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia, Norman Nato dari Prancis, punya memori lebih baik saat berlaga di sirkuit sepanjag 5,793 kilometer tersebut. Tahun lalu, pebalap 25 tahun ini menyelesaikan balapan kedua (sprint race) dengan naik podium tertinggi.

Pada balapan pertama (feature race) yang berlangsung sehari sebelumnya, Nato yang ketika itu masih membalap untuk Racing Engineering juga meraih poin setelah finis di urutan ke-5.

Bagi banyak pebalap, sirkuit ini sudah pasti terasa istimewa, terutama bagi jagoan lokal. Para penonton Italia yang selalu bersemangat dalam memberikan dukungan jadi nilai plus balapan di Sirkuit Monza. Atmosfir persaingan langsung terasa begitu suara deru mobil terdengar dari lintasan yang memiliki 11 tikungan tersebut.



Sirkuit ini memang tidak memiliki banyak tikungan. Namun, pebalap harus memiliki teknik bagus untuk melewatinya. Setiap pebalap harus melintasi sirkuit dengan tepat dan tanpa kesalahan jika tidak ingin tersingkir dari balapan. Para pebalap harus membalap dengan smooth demi mendapatkan hasil maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkenalan Mobil Formula 2

Balapan akhir pekan ini juga digelar berbarengan dengan persaingan Formula 1, GP Italia. Sebelum persaingan dimulai, mobil balap Formula 2 yang akan dipakai pada musim 2018, 2019, dan 2020 akan diperkenalkan di depan paddock sirkuit.

Mobil-mobil ini sudah dilengkapi dengan standar keamanan F1 terbaru, termasuk pemakaian halo atau pelindung kokpit yang saat ini standarnya terus disempurnakan oleh FIA. Selain itu mobil juga akan dilengkapi dengan perubahan terkait Virtual Safety Car (VSC) dan Drag Reduction System (DRS).

Para pebalap Formula 1 memulai persaingan akhir pekan ini dengan sesi latihan bebas dan sesi kualifikasi pada Jumat (1/9/2017). Feature race akan digelar Sabtu, sementara sprint race pada Minggu.

Pebalap Monaco, Charles Leclerc (Prema Racing), masih memimpin klasemen sementara pebalap. Nato saat ini berada di peringkat ke-7, sementara Sean di urutan ke-20.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.