Sukses

Widodo Beber Kunci Bali United Tekuk Persela

Widodo mengubah strategi di babak kedua saat Bali United berpesta gol lawan Persela.

Liputan6.com, Gianyar - Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro membeberkan kunci keberhasilan timnya kalahkan Persela Lamongan 5-1 di Stadion I Wayan Dipta, Minggu (3/9/2017). Kemenangan ini kokohkan posisi Bali United di puncak klasemen Liga 1.

Sylvano Comvalius kembali jadi momok buat lawan lewat dua gol yang dicetaknya. Sedangkan tiga gol lainnya dicetak van der Velden, Irfan Bachdim dan M Taufiq.

Seluruh gol Bali United uniknya terjadi di babak kedua. Sedangkan Persela hanya bisa cetak gol hiburan Jose Coelho di menit ke-80. Ini pula yang disoroti Widodo.

"Babak pertama kita kesulitan. Ada dua hal yang membuat kita sulit penetrasi ke pertahanan Persela. Pertama, banyaknya pemain menumpuk di belakang. Kedua, pemain kita terburu-buru melakukan penyerangan ke depan, sehingga garis pertahanan Persela sangat rendah," ujarnya.

Untuk memecah kebuntuan itu, Widodo mengaku mengubah taktik permainan di babak kedua dan berhasil. Tak tanggung-tanggung, lima gol berhasil mereka lesakkan ke gawang Persela Lamongan.

"Di babak kedua ada sedikit perubahan taktikal, ini membuktikan, perubahan itu membuat kita bisa mencetak gol," ujarnya.



Saat turun minum, Widodo menginstruksikan anak asuhnya untuk mengatur tempo permainan. Ia meminta agar mereka lebih sabar memainkan bola di daerah pertahanan sendiri. Tujuannya adalah menarik ke luar pemain Persela Lamongan.

Jurus itu terbukti ampuh. "Ritmenya diatur, memainkan bola di pertahanan kita dan di situ kita bisa cetak gol. Naluri tim yang ketinggalan akan terbuka menyerang, di situ bisa kita manfaatkan. Babak kedua sesuai dengan skema yang kita inginkan," ucap Widodo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Andalkan Lilipaly

Selain itu, Widodo juga memuji peran Stefano Lilipaly dalam mengobrak-abrik lini pertahanan Persela. Eks gelandang Almere City dan FC Cambuur itu memang diandalkan Widodo di pertandingan ini.

"Lilipaly gelandang serang yang sering menusuk penetrasi ke jantung pertahanan lawan," papar dia. Bali United saat ini koleksi 44 poin, unggul satu poin dari Bhayangkara FC yang membuntuti di posisi dua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.