Sukses

Utak-atik Formasi Timnas Indonesia U-19 Jelang Piala AFF

Timnas Indonesia U-19 bakal menerapkan formasi 4-1-3-1-1

Liputan6.com, Yangon - Timnas Indonesia U-19 bakal berkiprah di Piala AFF 2017 yang berlangsung di Myanmar. Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, telah mempersiapkan timnya sebelum turnamen ini digelar.

Gaya bermain, formasi, hingga stamina bakal dimaksimalkan Indra Sjafri untuk anak-anak asuhannya. Bila sebelumnya Indra Sjafri lekat dengan formasi 4-3-3, kali ini pelatih asal Sumatera Barat itu memiliki variasi lain.

Pelatih berusia 54 tahun ini memiliki tiga alternatif formasi untuk timnya saat tampil di Piala AFF 2017. Formasi yang pertama dari Timnas Indonesia U-19 yakni 4-3-3, lalu ada 4-1-3-1-1, kemudian yang terakhir pola 4-4-2.

Tim berjulukan Garuda Nusantara ini juga akrab dengan permainan khas Indra Sjafri di tim-tim yang pernah ia tangani. Istilah pe-pe-pa atau pendek-pendek-panjang masih diterapkan mantan arsitek Bali United ini.



Gaya pe-pe-pa maksudnya bermain dengan umpan-umpan pendek kemudian diakhiri dengan bola panjang ke sisi lain lapangan. Formasi 4-1-3-1-1 sendiri menurut Indra Sjafri, cara kerjanya mirip dengan 4-3-3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pe-Pe-Pa

Indra Sjafri menyebut 4-1-3-1-1 sebagai formasi Sang Garuda, karena bentuk kerangkanya yang menyerupai. Bahkan, pelatih yang pernah menjadi karyawan PT Pos Indonesia ini sesumbar skuat Timnas Indonesia U-19 saat ini lebih hebat dari era Evan Dimas dan kawan-kawan.

Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup B Piala AFF 2017 bersama tuan rumah Myanmar. Selain itu, Garuda Nusantara juga bersaing dengan Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam di Grup B. Laga pertama Indonesia berlangsung besok (5/9/2017) melawan tuan rumah Myanmar.

Perkiraan susunan pemain Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19 (4-1-3-1-1): M. Riyandi (gk) Nurhidayat Haris, Rifad Marasambessy, Syahrian Abimanyu, dan Firza Andika; M. Luthfi Kamal; M. Iqbal, Witan Sulaeman, Feby Eka Putra; Egy Maulana Vikri; Hanis Sagara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.