Sukses

Bos Honda Masih Ragu Kiprah Luthi di MotoGP 2018

Suppo menyebut Luthi tak akan langsung melesat di MotoGP 2018.

Liputan6.com, Misano - Thomas Luthi sudah dipastikan menjadi salah satu rookie pada MotoGP 2018. Ia akan memperkuat Marc VDS seperti yang ditungganginya saat ini. Bos Honda, Livio Suppo membuat prediksi soal kiprahnya di musim depan.

Luthi bukan pembalap muda yang akan beraksi di MotoGP 2018. Usianya saat ini sudah 31 tahun. Itu karena ia terlalu lama berkompetisi di kelas Moto2 setelah memulai kiprahnya dari kelas 125cc pada 2002.

Namanya mulai dikenal saat ia menjadi juara dunia kelas 125cc pada musim 2005. Tiga musim kemudian, ia naik kelas ke 250cc atau Moto2. Sayang, sejak itu belum ada gelar juara dunia yang mampu diraihnya.

Meski begitu, kehebatannya tetap diakui banyak pihak. Dia membuktikannya musim lalu dengan finis sebagai runner-up. Pada musim ini, ia pun masih berpeluang menjadi juara dunia Moto2, bersaing dengan rekan setimnya, Franco Morbidelli.

Terlepas dari aksi impresifnya, Suppo meyakini Luthi akan butuh waktu untuk beradaptasi saat ia mencicipi kelas MotoGP. Pasalnya, kekuatan mesin dan tekanan yang bakal dirasakan Luthi akan jauh berbeda.

"Di tahun pertama, banyak tantangan yang terbentang di depan. Anda harus terbiasa dengan kategori baru. Mereka harus mengerti bagaimana mengendalikan motor ini, bagaimana rem karbon bekerja, dan sistem elekstronik," kata Suppo, dikutip Speedweek.



Seperti yang sudah disebutkan, Sutho akan kembali menjadi rekan setim Morbidelli di MotoGP 2018. Honda memutuskan untuk mempromosikan keduanya setelah tampil memuaskan di musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honda Antusias

Harapannya, Morbidelli dan Luthi bisa menjadi seperti Johann Zarco dan Jonas Folger bersama Yamaha Tech 3 di MotoGP 2017. Meski berstatus rookie, penampilan konsisten keduanya mampu mengejutkan banyak pihak.

Namun, ada pula kekhawatiran Morbidelli dan Luthi justru menjadi Tito Rabat dan Jack Miller di musim ini. Penampilan keduanya bersama Marc VDS benar-benar mengecewakan.

"Semua pembalap ini melakukan pekerjaan sangat bagus di kelas Moto2 musim ini. Itulah mengapa kami sangat senang bahwa mereka akan membuat debut di MotoGP bersama motor kami tahun depan," ujar Suppo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.