Sukses

Timnas Indonesia U-19 Berharap Bisa Ulang Memori Indah 2013

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup B bersama Myanmar, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam pada ajang Piala AFF U-18.

Liputan6.com, Jakarta - Perjuangan timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 akan dimulai Selasa (5/9/2017). Tergabung di Grup, skuat racikan Indra Sjafri ini akan bersaing dengan tuan rumah Myanmar, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Myanmar akan menjadi lawan perdana timnas Indonesia U-19 pada ajang ini. Selanjutnya, Garda Nusantara akan menghadapi Filipina, Vietnam, dan terakhir Brunei. Semua pertandingan berlangsung di Thuwunna Stadium, Yangon.

Sepanjang penyelenggaraan Piala AFF U-18 sejak 2002, Indonesia sudah tampil tujuh kali dan hanya sekali menjadi juara pada 2013. Ketika itu, timnas Indonesia U-19 yang juga dilatih Indra Sjafri mengalahkan Vietnam pada laga final melalui drama adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Sukses itu membuat timnas Indonesia U-19 sempat jadi primadona pencinta sepak bola Tanah Air. Popularitas para pemainnya bahkan tidak kalah dengan senior. Permainan menawan membuat nama-nama semacam Evan Dimas, Muhammad Hargianto, Hansamu Yama, hingga Putu Gede melambung tinggi.

Timnas Indonesia U-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kini, Indra Sjafri berharap dapat mengulangi prestasi itu. Karena itu, persiapan untuk membentuk tim sudah dilakukan sejak Februari lalu.

"Dengan menyeleksi kurang lebih 1.000 pemain. Sebelum akhirnya saya menentukan 23 pemain terbaik yang saya bawa ke sini (AFF)," kata Indra.

Dari 23 pemain yang dipilih, terdapat dua gelandang yang turut memperkuat timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Kedua pemain itu adalah Asnawi Mangkualam Bahar dan Saddil Ramdani.

Tak hanya menyeleksi pemain, timnas Indonesia U-19 juga mengikuti Piala Toulon Prancis. Meski menelan tiga kekalahan, mereka mampu mengimbangi Brasil U-20, Republik Ceko U-20, dan Skotlandia U-20 di turnamen tersebut. Berbagai uji coba dilakukan dengan tim lokal. 

Di atas kertas, pesaing kuat timnas Indonesia U-19 pada Grup B adalah Myanmar dan Vietnam. Jika dapat mengalahkan tuan rumah di partai perdana, maka posisi runner-up sudah ada dalam genggaman Garuda Nusantara. Sebab, level Egy Maulana dan kawan-kawan masih di atas Filipina dan Brunei.

Indra pun optimistis timnas IndonesiaU-19 bisa mengalahkan Myanmar. "Kami sudah pelajari permainan mereka. Kami siap melawan Myanmar. Kami akan bermain seperti biasa dengan gaya kami," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skuat

Skuat timnas U-19: 

Kiper: 1. Muhammad Riyandi (Barito Putera), 2. Gianluca P Rossy (Jawa Tengah), 3. Aqil Savik (Jawa Barat)

Bek: 4. M Rifad Marasabessy (Madura United), 5. Dedi Tri Maulana (Sulawesi Tengah), 6. Rachmat Irianto (Persebaya) 7. Julyano Pratama Nono (Ragunan), 8. Kadek Raditya (Bali), 9. Firza Andika (Sumatera Utara), 10. Irsan Lestaluhu (Maluku), 11. Samuel Christianson (Persija U-19). 12. Nurhidayat Haris (PSM)

Gelandang: 13. Syahrian Abimanyu (Persija U-19), 14. Witan Sulaeman (Ragunan), 15. Resky Fandi Witriawan (Sulawesi Barat), 16. Asnawi Mangkualam Bahar (PSM), 17. Muhammad Iqbal (Sumatera Barat), 18. Feby Eka Putra (Jawa Timur), 19. Saddil Ramdani (Persela), 20. Egy Maulana Vikri (Ragunan), 21. M Lutfi Kamal (DKI Jakarta)

Striker: 22. Hanis Saghara Putra (Jawa Timur), 23. M Rafli Mursalim (DKI Jakarta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.