Sukses

Ini Alasan Buffon Menjadi Penjaga Gawang

Buffon terinspirasi penampilan Thomas N'Kono.

Jakarta - Pemain Juventus, Gianluigi Buffon, membeberkan alasan mengapa memilih kiper sebagai posisi bermain. Dia mengaku tertarik setelah menyaksikan Timnas Kamerun pada Piala Dunia 1990.

“Ketika saya masih kecil, ada seorang kiper yang mencuri perhatian. Kiper tersebut adalah kiper Kamerun, Thomas N’Kono,” ujar Buffon seperti dilansir dari Football Italia.

“Saya melihat aksi N’Kono pada Piala Dunia 1990. N’Kono membuat saya jatuh cinta kepada Kamerun. Setelah Italia, Kamerun adalah tim favorit saya. Ketika Kamerun meraih kemenangan, saya memutuskan untuk menjadi kiper.”

Pada Piala Dunia 1990 yang berlangsung di Italia, Kamerun tampil sebagai tim kejutan. The Indomitable Lions menjadi juara Grup B mengungguli Argentina yang masih diperkuat Diego Maradona.

Setelah itu, Kamerun mengalahkan Kolombia pada babak 16 besar. Namun langkah mereka terhenti pada babak perempat final setelah takluk dari Inggris lewat babak tambahan waktu.

Aksi solid N’Kono di bawah mistar Kamerun menjadi sorotan utama. Ia pun menjadi inspirasi bagi Gianluigi Buffon untuk menjalani karier sebagai kiper.

Buffon mengisyaratkan menjalani musim terakhir kariernya pada 2017/2018. Dia memutuskan untuk pensiun setelah Piala Dunia 2018.

Sumber: Football Italia

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.