Sukses

Messi Akhiri Masa Bakti di Barcelona?

Messi belum memperpanjang kontraknya dengan Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Aktivitas di bursa transfer sepak bola Eropa sudah menggila. Klub-klub bergelimang harta seperti Manchester City hingga Paris Saint-Germain (PSG) bisa saja membeli pemain terhebat saat ini, Lionel Messi.

Pada bursa transfer musim panas ini, PSG melakukan terobosan yang sangat fantastis. Mereka membeli Neymar dari Barcelona dengan mahar 222 juta euro atau setara dengan Rp 3,5 triliun. Padahal, Neymar baru saja memperpanjang kontrak bersama Barcelona hingga Juni 2021.

Barcelona kehilangan Neymar pada bursa transfer musim panas.

Tidak hanya Neymar, PSG juga merekrut Kylian Mbappe dari AS Monaco dengan status pinjaman. Namun, PSG wajib menyerahkan 166 juta euro (Rp 2,6 triliun) kepada AS Monaco di akhir musim 2017/18.

Dengan harga pasaran yang sudah menggila, Messi bisa saja meninggalkan Barcelona pada bursa transfer musim dingin mendatang. Terlebih lagi pada bursa transfer musim panas lalu, nilai jual Messi hanya 300 juta euro (Rp 4,7 triliun).

Uang Rp 4,7 triliun sudah menjadi hal yang dianggap tidak besar untuk harga peraih lima gelar Ballon d'Or. Bahkan, Barcelona tidak takut kehilangan Messi bila ada yang berani menebus klausul jual pemain Timnas Argentina tersebut.

"Barcelona tidak akan memaksa pemain (Messi) untuk bertahan jika sang pemain berniat pergi. Jika pemain ingin pergi, kita harus duduk bersama dan berbicara untuk melihat keadaan di sekitar," ucap Presiden Barcelona,  Josep Maria Bartomeu, dikutip dari Mirror.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Messi Bisa Didapat Gratis

Melihat situasi yang seperti ini, Messi belum memutuskan memperpanjang masa baktinya bersama Barcelona. Messi memiliki kontrak di Camp Nou hingga Juni 2018.

Artinya, Messi bisa didapatkan secara percuma bila berniat meninggalkan Barcelona pada Januari 2018. Messi juga sudah berulang kali menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan Barcelona dengan durasi hingga 2021.

Sejauh ini, klub yang dikabarkan berani menebus klausul jual Messi adalah Manchester City. Pep Guardiola, manajer Manchester City yang pernah melatih Barcelona ingin bereuni dengan Messi.

Januari nanti, Messi bisa direkrut dengan harga percuma.

Manchester City bahkan sudah siap memberikan upah tinggi kepada pria berusia 30 tahun tersebut.  Manajemen Manchester Biru bersedia membayar Messi sebesar 100 juta pound (Rp 1,6 triliun) per tahun. Itu artinya, Messi dibayar sebesar 500 ribu pound (Rp 8,3 miliar) per pekan.

Messi sudah memperkuat klub berjulukan Los Blaugrana itu sejak 2004. Hingga saat ini, dia sudah membukukan 510 gol dari 587 pertandingan. Dia merupakan pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa.

Bersama Andres Iniesta, Messi merupakan penyumbang gelar terbanyak untuk Los Blaugrana. Keduanya sudah meraih 30 gelar bersama Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini