Sukses

3 Klub yang Untung Besar pada Bursa Transfer Musim Panas

Sebanyak 105 klub tercatat memiliki neraca positif dari bursa transfer musim panas.

Liputan6.com, Jakarta - Mayoritas negara besar Eropa menutup bursa transfer musim panas pada Kamis (31/8/2017). Meski beberapa hari sudah berlalu, ada sisi menarik yang terungkap.

Salah satunya menyangkut kepiawaian bisnis sejumlah klub dalam mengarungi bursa transfer musim panas.

Mereka sukses menjual aset-aset dengan harga tinggi. Di sisi lain, para klub ini bisa meredam pengeluaran sekecil mungkin dalam usaha menambah kualitas skuat.

Hasilnya adalah laporan keuangan berwarna hitam. Transfermarkt mencatat, ada 105 klkub yang memilikinya pada musim panas ini. Beberapa nama besar mencakup Barcelona, Arsenal, Atletico Madrid, AS Roma, dan Tottenham Hotspur.

Namun, ada tiga klub yang menonjol dengan keuntungan besar pada bursa transfer musim panas ini. Siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SL Benfica

Mendapat keuntungan 122 juta pound sterling (sekitar Rp 2,1 triliun) dari aktivitas jual beli pemain. Wajar, mengingat pembelian termahal Benfica musim panas ini adalah Filip Krovinovic yang bernilai 2,7 juta pound sterling.

Victor Lindelof. (AFP/Paul Faith)

Di sisi lain, raksasa Belgia tersebut melepas Ederson (36 juta pound sterling), Victor Lindelof (31,5 juta pound sterling), Nelson Semedo (27,5 juta pound sterling), dan Konstantinos Mitroglou (13,5 juta pound sterling).

3 dari 4 halaman

Borussia Dortmund

Menerima 83,8 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,4 triliun pada bursa transfer musim panas ini. Pendapatan tersebut tidak lepas dari penjualan Ousmane Dembele yang bernilai 94,5 juta pound sterling.

Dortmund juga melepas Matthias Ginter (15,3 juta pound sterling), Emre Mor (11,7 juta pound sterling), Sven Bender (11,25 juta pound sterling), dan ADrian ramos (10,8 juta pound sterling).

Ousmane Dembele. (AP Photo/Manu Fernandez)

Sebaliknya, pembelian termahal Dortmund adalah Andriy Yarmolenko yang bernilai 22,5 juta pound sterling. Rekrutan lain Dortmund yang bernilai tinggi mencakup Maximilian Philipp (18 juta pound sterling), Omer Toprak (10,8 juta pound sterling), dan Mahmoud Dahoud (10,8 juta pound sterling).

4 dari 4 halaman

Real Madrid

Alvaro Morata. (AP/Alastair Grant)

Kehadiran Real Madrid di peringkat tiga klub dengan keuntungan tertinggi cukup mengejutkan. Sebab, raksasa Spanyol ini terkenal boros demi mendatangkan pemain bintang.

Kenyataannya, musim panas ini mereka mendapat keuntungan 76,5 juta pound sterling atau Rp 1,3 triliun. Pembelian signifikan Los Blancos adalah Theo Hernandez (27 juta pound sterling) dan Dani Ceballos (15 juta pound sterling).

Sedangkan Real Madrid melego Alvaro Morata (55,8 juta pound sterling), Danilo (27 juta pound sterling), Mariano Diaz (7,2 juta pound sterling), hingga biaya peminjaman James Rodriguez (11,7 juta pound sterling) ke Bayern Munchen.

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.