Sukses

Ini Manuver Michelin untuk MotoGP San Marino

Produsen ban resmi MotoGP, Michelin, akan menyediakan ban khusus.

Jakarta - Produsen ban resmi MotoGP, Michelin, menyiapkan ban spesial untuk MotoGP San Marino, Minggu (10/9/2017). Mereka meluncurkan Misano tyre karena karakteristik lintasan Sirkuit Misano.

Ban depan dengan kompon medium itu kabarnya diadaptasi dari kriteria ban yang digunakan pada MotoGP edisi 2016. Ban ini diklaim menawarkan pengendara stabilitas yang lebih baik dalam hal pengereman dan juga ketika menikung. Hal tersebut sesuai dengan karakteristik lintasan Misano.

Pada balapan nanti, Michelin juga tidak menyediakan ban soft. Para pebalap hanya diberi pilihan untuk menggunakan ban medium atau hard baik untuk ban depan maupun belakang.

"Misano adalah sikuit yang cukup sulit dan rumit karena bisa membuat suhu ban menjadi meningkat. Hal itu bisa membuat motor lebih lambat ketika menikung," kata Manajer Michelin, Piero Taramasso, seperti dikutip GP One, Selasa (5/9/2017).

"Dengan 10 tikungan ke kanan dan enam tikungan ke kiri membuat lintasan Misano lebih keras di bahu kanan ban belakang. Musim lalu, kami sangat senang dengan performa ban dan bisa memecahkan beberapa catatan yang ada dan pastinya ingin mengulangi keberhasilan tersebut di tahun ini," ujar Taramasso.

MotoGP San Marino 2017 diprediksi bakal berlangsung ketat mengingat sengitnya persaingan di papan atas klasemen. Andrea Dovizioso bertekad meraih kemenangan demi mempertahankan posisinya di puncak, sedangkan Marc Marquez berniat menjaga asa untuk juara musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.