Sukses

4 Bintang Serie A yang Dibekap Cedera Parah

Liputan6.com, Jakarta Juara bertahan Serie A, Juventus tak bakal diperkuat bek andalannya, Giorgio Chiellini, untuk beberapa pekan ke depan. Bek 33 tahun itu mengalami cedera betis sebelah kanan saat latihan bersama Timnas Italia untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2018. Jumat 2 September 2017 lalu.

Dari hasil diagnosa, cedera Chiellini memang dinyatakan tidak terlalu parah. Namun ia tetap harus beristirahat untuk beberapa pekan ke depan.

Selain tak dapat memperkuat Italia melawan Spanyol dan Israel, pemain yang bergelar master di bidang Administrasi Bisnis itu juga diperkirakan bakal absen membela Juventus saat menghadapi Chievo Verona di pekan ketiga Serie A, serta saat bersua Barcelona di partai perdana Liga Champions.

Cedera Chiellini sejatinya merupakan cedera kambuhan. Menurut catatan, ia sudah sering mengalaminya, antara lain dalam laga final Piala Eropa 2012, final Liga Champions 2015, serta saat bertanding melawan Makedonia dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Dengan cederanya Chiellini, total saat ini ada 32 pemain di Serie A yang begelut dengan cedera. Liputan6.com merangkum empat di antaranya yang merupakan pemain penting di klubnya masing-masing. Berikut informasi selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Emerson

Bek kiri AS Roma, Emerson mengalami kerusakan ligamen (ACL) yang cukup parah, saat bermain melawan Genoa di pekan terakhir Serie A musim lalu, tepatnya pada 28 Mei 2017. Ia harus menepi dari lapangan selama lima bulan sejak saat itu.

Akibat cederanya itu, Emerson kehilangan kesempatan membela Timnas Italia untuk pertama kalinya. Ya, pemain berdarah Brasil itu memilih membela Timnas Italia ketimbang Brasil. Pelatih Gli Azzuri Giampiero Ventura sejatinya telah memanggilnya ke dalam skuat untuk menghadapi San Marino di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Mei lalu.

Tak sampai di situ, pemain bernama lengkap Emerson Palmieri Dos Santos itu juga terpaksa tidak disertakan dalam skuat AS Roma untuk Liga Champions musim ini karena masih belum pulih. Menurut tim medis, ia diperkirakan baru dapat kembali merumput pada 28 Oktober mendatang.

2 dari 5 halaman

Joao Cancelo

Inter Milan terpaksa harus menunda menikmati jasa Joao Cancelo, setidaknya sampai 22 Oktober mendatang. Bek kiri yang baru saja didatangkan dari Valencia dengan status pinjaman itu mengalami cedera ligamen kolateral tengah (medial colateral ligament), saat sesi latihan bersama rekan-rekannya di Timnas Portugal, Selasa pagi (29/8/2017).

Saat kembali ke Italia untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, didapati bahwa cedera yang dialami Cancelo cukup serius. Menurut EFE, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa terdapat kerusakan pada ligamen pemain berusia 23 tahun itu.

Adapun Cancelo baru tiba di Giuseppe Meazza pada 22 Agustus lalu. Inter meminjamnya dari Valencia dengan opsi pembelian permanen senilai 33 juta euro di akhir musim.

Sejauh ini, Cancelo baru tampil sekali dan hanya tujuh menit, yakni saat Inter mengalahkah AS Roma, 3-1, dua pekan lalu. Ia masuk pada menit 84, menggantikan Antonio Candreva.

3 dari 5 halaman

Marko Pjaca

Sebelum Chiellini, Juventus sudah lebih dulu kehilangan winger muda mereka, Marko Pjaca. Sebabnya hampir sama, yakni jeda internasional. Pemain asal Kroasia itu mengalami cedera pada 30 Maret lalu, yakni ketika bertanding melawan Estonia dalam laga persahabatan.

Dari hasil pemeriksaan, Pjaca diketahui mengalami kerusakan ligamen yang cukup parah pada lutut kirinya. Namun, dokter bedah di Klinik Villa Stuart, Italia, Pierpaolo Mariani mengatakan bahwa mantan pemain Dinamo Zagreb itu tetap bisa pulih kembali seperti sedia kala. Untuk itu ia membutuhkan waktu enam bulan.

"Operasinya berjalan lancar. Pembedahan seperti ini sekarang sudah rutin kami lakukan, walaupun memang tidak mudah. Karier Pjaca tentu saja tak akan berakhir karena cedera ini. Misi dari ortopedi olahraga tentu saja adalah mengembalikan atlet kembali pada level yang sama (sebelum cedera)," ujar Mariani.

Kini, kondisi Pjaca perlahan mulai membaik. Pemain berusia 22 tahun itu diharapkan sudah dapat kembali bermain pada 28 September mendatang.

 

4 dari 5 halaman

Luis Nani

Luis Nani adalah satu-satunya pemain yang direkrut Lazio dalam kondisi cedera di musim panas ini. Ya, mantan winger Manchester United itu sudah berkutat dengan cedera lutut sejak 25 Juli, sementara ia baru bergabung dengan I Biancoceleste pada 31 Agustus atau hari terakhir bursa transfer. Tidak diketahui pasti kapan Nani bisa kembali merumput.

Lazio meminjam Nani dari Valencia dengan biaya 2 juta euro. Sesuai kesepakatan antara kedua klub, Lazio memiliki opsi membeli Nani secara permanen di akhir musim. Hanya saja tidak disebutkan berapa biaya tambahan yang harus dikeluarkan Lazio jika mempermanenkan pemain bernama lengkap Luis Carlos Almeida da Cunha itu.

Adapun Nani diproyeksi menggantikan peran Keita Balde Diao yang hengkang ke AS Monaco. Pemain yang sempat dianggap sebagai titisan Cristiano Ronaldo itu diprediksi mampu memenuhi ekspektasi petinggi Lazio ketika ia pulih nanti. (Abul Muamar)

Simak video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Lawan Barcelona, Juventus Terancam Keropos
Artikel Selanjutnya
Rossi Bakal Absen Satu Bulan dari MotoGP