Sukses

8 Negara Lolos ke Piala Dunia 2018, Suriah Selangkah Lagi

Asia telah mengirimkan empat wakilnya ke Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia.

Liputan6.com, Jakarta Delapan negara dipastikan melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia, tahun depan. Korea Selatan dan Arab Saudi, dua kontestan terbaru yang telah memastikan tempat di babak utama turnamen sepak bola paling akbar di dunia tersebut. 

Korea Selatan melaju setelah mampu menahan imbang Uzbekistan di laga terakhir Grup A putaran ketiga Pra-Piala Dunia Zona Asia, Selasa (5/9/2017). Bermain di Stadion Bunyhodkor di Tashkent, Taeguk Warrior memaksa Uzbekistan seri 0-0.

Hasil ini membuat Korsel kokoh di posisi kedua klasemen akhir dengan koleksi 15 poin dari 10 pertandingan. Korea Selatan akan menemani Iran yang juga lolos sebagai juara grup dengan 22 poin. Sementara timnas Suriah, yang berada di urutan ketiga klasemen Grup A dengan 13 poin masih mendapat kesempatan melaju ke Rusia melalui babak play off.  

Pada pertandingan terakhir, Suriah menahan imbang Iran dengan skor 2-2. Tambahan satu poin membuat Suriah mengemas 13 poin, sama dengan perolehan Uzbekistan. Namun Suriah akhirnya berhak melaju ke babak play off setelah unggul agregat gol dari Uzbekistan. 

Putaran keempat akan digelar 5 dan 10 Oktober 2017. Pada babak ini, Suriah akan bertemu dengan Australia. Pemenang akan bertemu lagi dengan peringkat keempat zona CONCACAF. 

Sementara itu, Arab Saudi memastikan tiket ke Piala Dunia usai menang tipis 1-0 atas Jepang dalam laga pamungkas Grup B kualifikasi zona Asia di King Abdullah Sports City, Jeddah, Rabu (6/9/2017). Al-Muwallad tampil menjadi pahlawan kemenangan Arab Saudi.

Arab Saudi diri lolos dengan status runner-up Grup B. Sedangkan, Jepang yang sebelumnya sudah lebih dulu memastikan tiket putaran final Piala Dunia 2018, masih berada di puncak klasemen. Jepang juga dipastikan lolos ke putaran final, dengan status juara Grup B.

Dengan demikian, hingga saat ini sudah 8 negara yang dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Negara-negara lainnya, adalah tuan rumah Rusia, Brasil (CONMEBOL), Meksiko (CONCACAF), dan Belgia (UEFA). Piala Dunia 2018 akan berlangsung 14 Juni-15 Juli 2017. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Negara yang Lolos Piala Dunia 2018

Tuan Rumah: Rusia
CONMEBOL: Brasil
AFC: Iran, Jepang, Arab Saudi, Korea Selatan
CONCACAF: Meksiko
UEFA: Belgia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.