Sukses

AFC Bangga Korsel-Arab Saudi Lolos Piala Dunia 2018

Dua tim Asia yang harus saling sikut ke Piala Dunia 2018 adalah Suriah dan Australia.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Presiden Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa memberi selamat kepada Korea Selatan dan Arab Saudi yang baru saja memastikan tiket lolos ke Piala Dunia 2018. Shaikh Salman juga memuji federasi kedua negara tersebut yang berhasil mengembangkan tim nasionalnya menjadi tim kelas dunia.

Pada hari terakhir fase Kualifikasi zona Asia, Korea finis di posisi kedua Grup A. Pencapaian ini berkat tambahan satu poin usai tim berjuluk Ksatria Taeguk tersebut mendapat hasil imbang tanpa gol dengan Uzbekistan, Selasa (5/9/2017).

Sedangkan Arab Saudi mengunci tiket ke Rusia setelah menang tipis 1-0 atas Jepang, pada Rabu (6/9) dinihari WIB tadi. Bermain di kandangnya, Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Fahad Al Muwallad mencetak gol semata wayang dalam pertandingan di menit ke-63.

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat sepenuh hati kepada Republik Korea dan Arab Saudi karena telah memastikan tempat mereka di antara elite dunia di Piala Dunia 2018 Rusia. Bersama dengan Republik Islam Iran dan Jepang, keempat tim tersebut telah menunjukkan tekad besar dan benar-benar layak mendapatkan posisi mereka di Rusia," ucap Shaikh Salman seperti dilansir dari laman resmi AFC.

Dua tim Asia yang harus saling sikut ke Piala Dunia adalah Suriah dan Australia. Keduanya merupakan tim peringkat tiga di masing-masing grup dan harus bertemu di babak play-off Kualifikasi Piala Dunia zona Asia.

Belum diumumkan siapa yang akan jadi tuan rumah dalam partai yang berlangsung dua leg tersebut. Leg pertama babak play-off akan berlangsung 5 Oktober 2017 sementara leg kedua digelar lima hari kemudian. Pemenang laga ini akan bertemu lagi dengan peringkat keempat zona CONCACAF.

"Saya juga harus memuji semua tim karena semangat juang mereka dan tampil mengagumkan selama kualifikasi berlangsung. Saya berharap Suriah dan Australia mendapat keberuntungan mereka dalam pertandingan play-off," kata Shaikh Salman.

"Asosiasi Sepak Bola Korea dan Federasi Sepak Bola Arab Saudi juga berhak mendapat pujian khusus atas kerja keras dan dedikasinya dalam mengembangkan tim kelas dunia. Dang lebih penting lagi mewujudkan slogan semangat One Asia, One Goal," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.