Sukses

Salah ke Liverpool Dinobatkan Transfer Terbaik Musim Panas

Liverpool membeli Salah seharga 50 juta euro dari AS Roma.

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool memboyong Mohamed Salah dengan merogoh kocek sedalam 50 juta euro dari AS Roma. Langkah itu dinobatkan sebagai transfer terbaik selama musim panas 2017.

AS Roma dianggap terlalu murah melepas Salah ke Liverpool. Menurut Football Observatory, seharusnya melepas nilai transfer Salah ke Liverpool mendekati harga 69,4 juta euro.

Sementara itu, klub kaya Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), dinilai melakukan transfer buruk ketika merekrut Kylian Mbappe dari AS Monaco seharga 180 juta euro. Semestinya harga Mbappe berdasarkan CIES Football Observatory, hanya 92,6 juta euro.

Football Observatory menggunakan algoritma untuk menghitung selisih jumlah yang dibayar dengan nilai yang ditaksir. Mereka menunjukkan bahwa musim ini terjadi peningkatan inflasi dalam bursa transfer pesepak bola.



Dengan perhitungan tersebut, terdapat tiga pemain yang dijual di bawah harga dalam 20 transfer termahal musim panas ini. Dua pemain itu berasal dari Roma. Demikian pula Chelsea yang membayar 39 juta poundsterling untuk Rudiger, padahal Roma semestinya mendapatkan 54,2 juta euro.

Selain itu, AS Roma membayar 42 juta euro untuk Patrik Schick padahal bekas striker Sampdoria memiliki nilai 21 juta euro sehingga Blucerchiati dipastikan untung 21 juta euro. Davide Zappacosta dibayar lebih mahal 18,2 juta euro oleh Chelsea dari Torino.

Sementara Inter Milan membeli Dalbert dari Nice dengan harga lebih mahal 16,3 juta euro dan merekrut bek Sampdoria Milan Skriniar lebih mahal 13,6 juta euro, demikian Football Italia dan Daily Star.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.