Sukses

AFC Selidiki Dugaan Pelanggaran di Laga Kualifikasi Piala Dunia

Jepang dan Arab Saudi sudah lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 dari Grup B

Liputan6.com, Jakarta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan menggelar penyelidikan mengenai kemungkinan adanya pelanggaran peraturan pada putaran final pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018.

AFC sebenarnya telah memulai penyelidikan menyusul laporan pelanggaran di babak kualifikasi Piala Dunia Zona Asia yang dimainkan pada 5 September 2017 lalu.

"AFC saat ini menunggu untuk menerima semua laporan yang relevan sebelum melanjutkan dengan langkah selanjutnya. AFC juga akan bekerja sama dengan badan pemerintahan dunia, FIFA, untuk memberikan laporan penting mengenai hal-hal yang termasuk dalam yurisdiksi FIFA.

"Pada bulan Juni, AFC menulis kepada asosiasi anggotanya untuk mengulangi bahwa semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam sepak bola Asia harus menghormati asas netralitas politik." Demikian pernyataan yang dirilis AFC, Rabu (6/9/2017).

AFC tidak menyebutkan tuduhan spesifik apapun dalam pernyataannya itu. Namun, mereka mengingatkan anggotanya soal kewajiban mereka di bawah "prinsip netralitas politik".

Seperti diketahui, Jepang dan Arab Saudi sudah lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 dari Grup B. Sementara Korea Selatan bergabung dengan Iran yang juga maju dari Grup A ke putaran final Piala Dunia.

Sedangkan, Suriah akan melakoni pertandingan play-off melawan Australia. Keduanya akan saling berhadapan bulan depan, dengan pemenangnya akan bertemu tim urutan keempat dari zona CONCACAF pada November nanti.

Saksikan juga video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.