Sukses

Jose Maria, Pelatih Timnas Filipina U-19 Mirip Indra Sjafri

Filipina akan menghadapi timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18, hari ini.

Liputan6.com, Yangon - Pelatih timnas Filipina U-19, Jose Maria Anoche Aberasturi, akan menjadi kunci permainan saat melawan timnas Indonesia U-19 pada laga Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Kamis (7/9/2017).

Sosok Jose Maria ini mirip Indra Sjafri, pelatih timnas Indonesia U-19. Pengganti Marlon Monos ini spesialis pemain-pemain muda.

Pengalamannya melatih pemain muda sangat banyak. Dia terkenal dengan gaya permainan cepat dari sektor sayap untuk merusak pertahanan lawan. Jose Maria juga sudah mengantongi lisensi kepelatihan A AFC.

Metode pencarian pemain Jose Maria dan Indra Sjafri juga sangat mirip, yakni blusukan. Saat masih melatih Filipina U-16, pada 2013, Jose Maria mencari 30 pemain di tiga wilayah Filipina: Visayas, Mindanao, dan Luzon.

Setelah mendapatkan 30 pemain, Jose Maria melakukan pemusatan latihan di Los Banos, sebelum tampil di Kejuaraan AFF U-16 2016. Ketika itu, kejuaraan AFF U-16 2016 kebetulan juga digelar di Myanmar.

Jose Maria Anoche Aberasturi (tengah) saat masih menukangi Timnas Filipina U-16. (PFF)

Pada Piala AFF U-18 ini, dia membawa pemain yang sudah lama dibentuknya. Jose Maria datang ke Myanmar dengan pemain timnas Filipina yang tampil di kejuaraan AFF U-16, tahun lalu. Beberapa di antaranya adalah Jericho Sinconiege hingga Robert Lawrence Wilson.

"Tim ini merupakan lanjutan dari tim U-16 tahun lalu. Saya bersyukur diberi kesempatan untuk bertanggung jawab atas skuat. Tujuan saya adalah melakukan yang lebih baik dari pada bagaimana kita bernasib di tahun 2016," ungkap Jose Maria.

"Ini akan menjadi turnamen yang kompetitif. Saya rasa kekuatan peserta tidak berbeda jauh," lanjutnya.



Little Azkals --julukan timnas Filipina U-19-- akan tampil habis-habisan di laga kedua Grup B Piala AFF U-18. Kemenangan menjadi harga mati karena mereka belum mendulang angka setelah kalah 2-3 dari Brunei Darussalam di laga perdana.

"Kami menyadari ada di grup berat, jadi harus bekerja keras di tiap pertandingan," katanya.

Jose Maria sudah melakukan persiapan untuk timnas Filipina U-19 sejak 9 Mei lalu, demi tampil di Piala AFF U-18. Dia juga mempersiapkan timnya untuk tampil di kualifikasi kejuaraan AFC U-19 pada 4-8 November di Phnom Penh, Kamboja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.