Sukses

Pelatih Real Madrid Berharap Barcelona Bertahan di La Liga

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, angkat bicara mengenai isu kemerdekaan Catalunya. Dia mengaku tidak ingin melihat Barcelona meninggalkan La Liga.

Pada kesempatan sebelumnya, otoritas La Liga menyatakan akan mencoret Barcelona jika Catalunya memerdekakan diri dari Spanyol.

"Sulit membayangkan La Liga tanpa Barcelona. Hanya itu yang bisa saya katakan sebagai pencinta olahraga ini. Barcelona harus selalu ikut Liga Spanyol. Saya harap skenario itu tidak terjadi," kata Zidane, dilansir Sport.

Rencana Catalunya memisahkan diri dari Spanyol semakin menguat pada beberapa tahun belakangan. Wacana ini kembali beredar setelah pemimpin wilayah tersebut mengumumkan rencana referendum pada 1 Oktober mendatang.

Mereka ingin bertanya ke publik apakah ingin bertahan di Spanyol atau tidak. Jika melepaskan diri, Catalunya segera melangsungkan proses melepaskan diri. Namun, Mahkamah Konstitusi Spanyol menyatakan referendum tersebut ilegal.

Catalunya merupakan daerah kaya dengan budaya dan bahasa berbeda dari Spanyol. Mereka sudah lama menuntut otonomi yang lebih luas. Barcelona selaku klub sepak bola kerap digunakan sebagai alat politik untuk mencapai tujuan tersebut.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi karena ada masyarakat Barcelona yang ingin (pisah) dan tidak," pungkas Zidane.

Artikel Selanjutnya
Barcelona: Kami Masih Bisa Juara La Liga
Artikel Selanjutnya
Ferguson: Juventus Ancaman Utama bagi Real Madrid