Sukses

Pelatih Real Madrid Berharap Barcelona Bertahan di La Liga

Real Madrid dan Barcelona merupakan dua tim terbesar Spanyol.

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, angkat bicara mengenai isu kemerdekaan Catalunya. Dia mengaku tidak ingin melihat Barcelona meninggalkan La Liga.

Pada kesempatan sebelumnya, otoritas La Liga menyatakan akan mencoret Barcelona jika Catalunya memerdekakan diri dari Spanyol.

"Sulit membayangkan La Liga tanpa Barcelona. Hanya itu yang bisa saya katakan sebagai pencinta olahraga ini. Barcelona harus selalu ikut Liga Spanyol. Saya harap skenario itu tidak terjadi," kata Zidane, dilansir Sport.

Rencana Catalunya memisahkan diri dari Spanyol semakin menguat pada beberapa tahun belakangan. Wacana ini kembali beredar setelah pemimpin wilayah tersebut mengumumkan rencana referendum pada 1 Oktober mendatang.

Mereka ingin bertanya ke publik apakah ingin bertahan di Spanyol atau tidak. Jika melepaskan diri, Catalunya segera melangsungkan proses melepaskan diri. Namun, Mahkamah Konstitusi Spanyol menyatakan referendum tersebut ilegal.

Catalunya merupakan daerah kaya dengan budaya dan bahasa berbeda dari Spanyol. Mereka sudah lama menuntut otonomi yang lebih luas. Barcelona selaku klub sepak bola kerap digunakan sebagai alat politik untuk mencapai tujuan tersebut.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi karena ada masyarakat Barcelona yang ingin (pisah) dan tidak," pungkas Zidane.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga