Sukses

4 Debutan Liga Champions Asal Serie A

Liga Champions musim ini akan jadi pengalaman pertama bagi sejumlah pemain bintang klub-klub Italia.

Liputan6.com, Jakarta Liga Champions musim 2017/2018 akan mulai bergulir, Rabu dini hari (13/9/2017). Salah satu wakil Serie A, Juventus, yang tergabung di Grup D, akan menghadapi tuan rumah Barcelona di Stadion Camp Nou. Pertandingan tersebut menjadi laga yang paling banyak mendapat sorotan, lantaran kedua tim sama-sama difavoritkan menjadi juara.

Di pertandingan lain dari Grup C Liga Champions, wakil Italia lainnya, AS Roma akan menjamu Atletico Madrid di Stadion Olimpico. Ini merupakan kesempatan bagi Roma untuk menunjukkan kualitas tim dari Italia, setelah musim lalu gagal tampil karena kalah di babak kualifikasi oleh FC Porto.

Sementara tim Italia satu lagi, Napoli, yang tergabung di Grup F, baru akan bertanding besok melawan wakil Ukraina, Shakhtar Donetsk.

Yang menarik, Liga Champions musim ini akan menjadi pengalaman pertama bagi sejumlah pemain bintang, termasuk yang berasal dari klub-klub wakil Italia.

Ya, sebelum bergabung dengan Juventus, AS Roma, atau Napoli, mereka bermain di klub yang tidak memberikan mereka kesempatan menjajal kompetisi paling bergengsi di Eropa itu. Berikut 4 pemain asal Serie A yang akan menjalani debutnya di Liga Champions musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Federico Bernardeschi

Dari sederet pemain bintang yang baru direkrut Juventus di bursa transfer musim panas lalu, Federico Bernardeschi termasuk salah satu yang belum pernah mencicipi panasnya persaingan Liga Champions. Rekrutan-rekrutan lainnya seperti Douglas Costa, Blaise Matuidi, dan bahkan Wojciech Szczesny, semuanya sudah berpengalaman.

Maka, ini adalah kesempatan bagi Bernardeschi untuk unjuk gigi di level yang lebih tinggi. Seperti diketahui, selama ini winger 23 tahun itu banyak diperbincangkan di dalam negeri Italia. Ia kerap disebut-sebut sebagai salah satu generasi penerus terbaik Italia. Bahkan saat proses transfernya dari Fiorentina beberapa waktu lalu, I Bianconeri sempat menawarinya nomor punggung 10.

Namun, sebelum ke sana, Bernardeschi terlebih dahulu harus mampu bersaing dengan rekan-rekan setimnya untuk mendapatkan tempat utama. Sebab sampai sejauh ini, pemain Timnas Italia itu belum mendapatkan kepercayaan dari pelatih Massimiliano Allegri. Buktinya, dari tiga laga Serie A yang sudah dimainkan, pemain yang sempat diincar oleh Inter Milan itu baru diturunkan sekali, dan itu pun cuma selama 14 menit.

Untuk bisa mendapat sorotan, Bernardeschi setidaknya harus mampu menyaingi permainan Paulo Dybala, Juan Cuadrado, dan Mario Mandzukic, yang sejauh ini masih tampil konsisten.

3 dari 5 halaman

Mattia De Sciglio

4 dari 5 halaman

Marko Rog

Di kubu Napoli, ada Marko Rog yang akan menjalani debutnya di Liga Champions musim ini. Meski musim lalu Napoli tampil di Liga Champions dan melaju hingga babak perempat final, Rog tidak memiliki kesempatan karena ia dipinjamkan ke Dinamo Zagreb.

Gelandang asal Kroasia itu sebelumnya memang pernah bermain di Liga Champions, tapi hanya sebatas babak kualifikasi saja, yakni saat membela Dinamo Zagreb di musim 2015/2016 dan 2016/2017.

Musim ini, Rog juga sudah menjajal babak kualifikasi bersama Napoli dalam dua pertandingan melawan Nice, meskipun diturunkan sebagai pemain pengganti.

Rog memang belum mendapatkan tempat utama di Napoli karena kalah saing dengan gelandang-gelandang tangguh nan berpengalaman seperti Marek Hamsik, Jorginho, dan Allan. Namun, pelan-pelan pemain berusia 22 tahun itu bisa menunjukkan kualitasnya. Musim ini di Serie A ia sudah mencetak satu gol, yakni saat melawan Atalanta.

5 dari 5 halaman

Lorenzo Pellegrini

AS Roma memiliki beberapa pemain, baik baru maupun lama, yang belum pernah menjajal Liga Champions. Salah satunya adalah Lorenzo Pellegrini. Pemain binaan akademi mereka itu berkesempatan merasakan main di Liga Champions usai dua tahun bermain untuk Sassuolo. Ia kembali lagi ke Roma berkat klausul buy-back yang melekat di kontraknya saat dijual pada tahun 2015 lalu.

Setelah tumbuh sebagai salah satu gelandang muda tangguh di Serie A bersama Sassuolo, Roma pun tak menyia-nyiakan haknya untuk membeli kembali Pellegrini. Pemain berusia 21 tahun itu ditebus dengan harga 10 juta euro. Di luar Roma, banyak klub yang sudah menyiapkan tawaran yang jauh lebih besar.

Namun, untuk dapat unjuk gigi di Liga Champions, Pellegrini masih harus memenangkan persaingan tempat utama Roma terlebih dahulu. Setidaknya, ada empat gelandang tangguh yang harus ditaklukkan, seperti Radja Nainggolan, Danielle De Rossi, Kevin Strootman, Alessandro Florenzi.

Sejauh ini, dari dua laga Serie A yang telah dimainkan (satu pertandingan ditunda, yakni melawan Sampdoria), Pellegrini baru diturunkan sekali, selama enam menit, yakni saat Roma bertandang ke markas Atalanta di pertandingan pembuka. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.