Sukses

Piala AFF U-18: Bantai Brunei, Timnas Indonesia U-19 ke Semifinal

Liputan6.com, Yangon - Timnas Indonesia U-19 memastikan satu tiket ke babak semifinal Piala AFF U-18, 2017 setelah menang telak 8-0 atas Brunei Darussalam di Thuwunna Stadium, Yangon, Rabu (13/9/2017). Dalam duel ini, M Rafli tampil memukau lewat hattrick yang ditorehkannya. 

Ketiga gol Rafli lahir di babak pertama. Sementara Egy Maulana menyumbang dua gol, dan satu lainnya dicetak Witan Sulaiman dan membawa Indonesia unggul 6-0 di babak I.

Dituntut menang besar demi memastikan tempat di babak semifinal, Timnas Indonesia U-19 langsung tancap gas sejak peluit kick off dibunyikan. Belum sampai satu menit laga berlangsung, Timnas Indonesia U-19 berhasil menjebol Brunei lewat aksi M Rafli.

Playmaker Timnas U-19 Egy Maulana akhirnya membuat Skuat Garuda Nusantara unggul 2-0 pada menit ke-18. Tembakannya dari sisi kanan pertahanan lawan terlambat di halau bek Brunei yang berada di depan gawang.

Baru empat menit unggul 2-0, Egy kembali mencatatkan namanya di papan skor. Dia menyerang sendirian dari sisi yang sama saat gol kedua Indonesia terjadi. Tembakannya ke kiri gawang kiper Brunei membuat skor berubah 3-0.

Egy nyaris menciptakan assist pada menit ke-39 untuk gelandang Timnas U-19 Witan Sulaeman. Namun umpan ke depan gawang gagal disambut Witan yang terlambat maju.

Barulah pada menit ke-41 Witan mampu mengeksekusi peluang. Pemain bernomor punggung 8 tersebut melakukan tembakan dari luar kotak penalti dengan kaki kiri.

Berselang dua menit, yakni menit ke-43 M Rafli mencetak gol keduanya. Dia berdiri di depan gawang saat menerima umpan dari sisi kiri dengan sundulan. Skor sudah 5-0 untuk Indoenesia.

M Rafli mencetak hattrick jelang babak pertama usai. Pada menit ke-45+2 shooting keras pemain ini tak bisa dibendung kiper Brunei.

Wasit langsung menutup babak pertama. Timnas Indonesia unggul 6-0 atas Brunei.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Indonesia sudah ungul 6-0 pada babak pertama. Tapi di babak selanjutnya gol pertama harus menunggu lebih dari 20 menit.

Hingga menit ke-56 babak kedua sudah ada tiga tendangan jarak jauh yang dilancarkan pemain Timnas Indonesia U-19. Mulai dari longshot Samuel Christiansonamuel, Egy Maulana dan Saddil Ramdani, semuanya belum tepat sasaran.

Umpan akurat sudah dibuat Egy Maulana pada menit ke-63 dari sisi kiri pertahanan Brunei. Tapi sayangnya lagi-lagi M Rafli yang berdiri bebas di depan gawang gagal mengeksekusi assist rekannya.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri langsung melakukan pergantian pemain. Rafli keluar dan digantikan oleh Hanis Sagara pada menit ke-66.

Tak butuh waktu lama, akhirnya gol ketujuh Timnas U-19 tercipta dari sundulan Witan Sulaeman pada menit ke-67. Pemain bernomor punggung 8 itu meyambut umpan dari sepak pojok.

Hanis Sagara akhirnya mencetak gol kedelapan Indonesia sekaligus gol perdananya di Piala AFF U-18 pada menit ke-68. Sebelumnya peluang Saddil digagalkan kiper Brunei namun Egy yang menyambut bola muntahan tersebut memberikan assist pada Hanis. Skor menunjukkan Timnas U-19 panen gol 8-0.

Hingga akhir pertandingan, tak ada tambahan gol yang tercipta. Kemenangan 8-0 milik Timnas U-19 Indonesia ini membuat mereka lolos ke semifinal Piala AFF.

Kemenangan ini membuat skuat Garuda Nusantara berhak melaju ke semifinal Piala AFF U-18, 2017. Timnas Indonesia U-19 tidak terpengaruh lagi dengan hasil pertandingan Vietnam Vs Myanmar yang juga berebut tiket menuju ke babak semifinal. Bahkan, Indonesia berpotensi jadi juara grup Myanmar melawan Vietnam dengan selisih satu gol.  

 

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain:

Brunei Darussalam: Amirul Hakim; Rahimin, Ramli, Safwan, Wafi (c); Asrayffahmi, Farhan, Abdul, Danish; Hariz, Azirul.

Indonesia: Aqil; Samuel, Kadek, Rachmat Irianto (c), Dedi; Luthfi (Abimanyu 60'); Feby Eka Putra (Saddil 46), Asnawi, Witan; Egy Maulana; M Rafly (Hanis Sagara 66')