Sukses

Rapor Pemain Timnas Indonesia Usai Pesta Gol ke Gawang Brunei

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 akhirnya keluar dari lubang jarum. Mereka sukses lolos ke semifinal setelah dengan perkasa menggulung Brunei Darussalam 8-0 tanpa balas di Stadion Thuwnna, Rabu (13/9/2017).

Sejak awal, Garuda Nusantara memang langsung tampil impresif. Kewajiban mencetak 8 gol tampak malah tak jadi beban bagi Timnas Indonesia U-19.

Faktanya, pasukan Indra Sjafri itu cuma butuh 68 menit untuk mengemas 8 gol ke gawang Brunei Darussalam. Masing-masing gol diciptakan hattrick Muhammad Rafli, brace Egy Maulana dan Witan Sulaiman, serta Hanis Saghara.

Berikut Rapor Pemain Indonesia:

Aqil Savik (7,0): Aqil kali ini bermain lebih tenang. Sempat dikritik, dia buktikan penampilan dengan lakukan dua saves dalam laga ini.

Dedi Tri (7,0): Memainkan peran Marasabessy, Dedi tampak tak terbeban. Akselerasinya dari sebelah kanan beberapa kali merepotkan pertahanan Brunei dan duia sukses catatkan satu assist.

Rachmat Irianto (7,5): Rian sangat tenang dalam pertandingan kali ini. Tak banyak peluang yang dilakukan oleh Brunei berkat kepemimpinannya di lini belakang.

Kadek Raditya (7,0): Gantikan peran Nurhidayat, Kadek tampil sangat istimewa. Dia tak sama sekali canggung di lini belakang dan setidaknya lakukan dua clearances.

1 dari 3 halaman

Tampil Impresif

Samuel Christianson (7,0): Samuel juga tampil impresif dari sebelah kiri. Umpan silangnya beberapa kali memunculkan peluang buat Indonesia seperti situasi gol ketiga Indonesia.

Muhammad Lutfi (7,0): Luthfi juga bermain sangat tenang. Dia beberapa kali melepaskan tembakan jarak jauh. Meski tak berbuah, tapi usahanya bisa bikin repot bek Brunei.

Asnawi Mangkualam (7,5): Asnawi bukan cuma mobile dalam laga ini, tapi menjadi salah satu bintang. Keberadaannya membuat lini tengah Indonesia berjalan impresif dan sebagai hasilnya dia sukses kemas satu assist dalam laga itu.

Feby Eka (7,0): Feby memang tak cetak gol, tapi penampilannya patut diapresiasi. Dia beberapa kali buat peluang meski kondisinya belum pulih betul dari sakitnya.

Witan Sulaeman (8,0): Baru kali pertama jadi starter, dibayar tuntas oleh Witan. Ya, dia dalam laga ini sukses mencetak dua gol ke gawang Brunei Darussalam dan beberapa kali merepotkan lini pertahanan Brunei.

Egy Maulana (8,5): Egy tak catatkan hattrick laiknya Rafli. Tapi, penampilannya sangat istimewa. Dia tak salah dijuluki sebagai Lionel Messi-nya Indonesia karena tak egois. Selain dua golnya itu, Egy juga menyumbang dua assist.

M Rafli (8,5): Rafli menjadi bintang dalam laga kali ini. Dia berhasil catatkan hattrick dan jadi salah satu tokoh kelolosan Indonesia ke semifinal.

2 dari 3 halaman

Cadangan

Syahrian Abimanyu (7,0): Masuk menit 60, Abimanyu menjaga keseimbangan lini tengah. Umpan panjang yang jadi kebiasaannya acap membelah konsentrasi bek Brunei.

Saddil Ramdani (7,5): Masuknya Saddil pada babak kedua menambah daya gedor Indonesia dari sebelah kiri. Tercatat dia melakukan dua tembakan on target, dan setidaknya tiga kali umpan silang.

Hanis Saghara (7,5): Dua menit beradadi lapangan sudah cukup buat Hanis Saghara untuk catatkan namanya di papan skor. Masuk menit 66, dia sukses jadi penentu kelolosan Indonesia ke semifinal. (Eka Setiawan)

Artikel Selanjutnya
Myanmar Tak Akui Ketangguhan Timnas Indonesia U-19
Artikel Selanjutnya
Klasemen Piala AFF U-18: Timnas Indonesia di Urutan Dua