Sukses

5 Rekor yang Belum Dipecahkan Messi

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi. Nama itu sudah cukup untuk meneror pemain belakang tim lawan. Messi adalah pemain yang ditakuti bek lawan. Dalam situasi apapun, megabintang Barcelona itu mampu mencetak gol.

Para pemburu berita dari seluruh dunia sudah kehabisan kata-kata untuk menggambarkan Messi. "Jangan menulis tentang dia, jangan coba-coba menggambarkannya: lihat saja dia," saran Pep Guardiola, mantan pelatih Messi di Barcelona.

Messi telah dilabeli sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang sejarah sepak bola. Lima penghargaan Ballon d'Or atau Pemain Terbaik Dunia yang dimenangkan pemain 30 tahun itu bisa menjadi bukti.

Tak hanya itu, Messi juga telah memecahkan hampir semua rekor yang pernah dibuat Pele dan Maradona yang pernah bertahan selama bertahun-tahun. Namun, masih ada sejumlah rekor yang belum bisa dipecahkan Messi.

Berikut 5 rekor yang belum dipecahkan Messi dalam kariernya seperti dinukil dari Sportskeeda:

1 dari 6 halaman

5. Jumlah Penampilan dengan Barcelona

Messi mulai karier klub di 2004, berusia 17 tahun. Dia menjadi pemain termuda yang tampil dalam pertandingan Liga Spanyol untuk Barcelona, sebelum rekornya dipecahkan Bojan Krkic.

Sejak saat itu, Messi telah memecahkan sejumlah rekor. Bintang Timnas Argentina itu tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang massa untuk Barcelona dengan lebih dari 550 gol. Jumlah gol itu bisa terus bertambah lantaran Messi diperkirakan masih mampu bermain 4 hingga 5 tahun ke depan.

Namun, Messi masih kalah dari Xavi Hernandez dalam jumlah penampilan terbanyak untuk tim Catalan. Xavi telah tampil 869 kali untuk Barca dari 1998 sampai 2015.

Sementara Messi baru tampil di 385 pertandingan untuk Blaugrana. Ia berpeluang untuk melewati rekor Xavi jika memutuskan bertahan di Camp Nou selama sisa kariernya.

2 dari 6 halaman

4. Penampilan Bersama Timnas Argentina

Lionel Messi memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak masa untuk Timnas Argentina. Tetapi, dia belum menjadi pemain yang paling banyak tampil untuk Tim Tango. Rekor itu masih dipegang Javier Zanetti dengan 143 penampilan bersama Timnas Argentina.

Keputusan mendadak Messi untuk pensiun dari sepak bola internasional setelah Argentina kalah beruntun dari Chile di Copa America membuat upayanya mengejar rekor Zanetti hampir lenyap. Namun, bintang Barcelona itu akhirnya meralat keputusan tersebut.

Messi kembali memperkuat Timnas Argentina pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Pemain berusia 30 tahun itu kini berpeluang untuk melewati rekor Zanetti. Messi kini telah memiliki 120 penampilan bersama Timnas Argentina.

3 dari 6 halaman

3. Trofi Liga Champions

Dari lima trofi Liga Champions yang telah diraih Barcelona, Lionel Messi telah bermain dalam tiga laga final dan memenangkan tiga di antaranya. Messi tampil di final Liga Champions 2009, 2011, dan 2015.

Namun, jumlah trofi Liga Champions yang dimenangkan Messi bersama Barcelona masih kalah dari Andres Iniesta. Gelandang 33 tahun empat kali memenangkan trofi Liga Champions.

Final Liga Champions 2006 menjadi satu-satunya perbedaan antara Iniesta dan Messi. Cedera membuat Messi gagal tampil di final Liga Champions melawan Arsenal. Saat itu, Barcelona menang 2-1 atas wakil Inggris tersebut.

Jika musim ini Barcelona melaju ke final, maka perbedaan Messi dengan Iniesta akan tetap sama. Kecuali, Iniesta mengalami cedera. Kemungkinan lainnya adalah Iniesta memutuskan meninggalkan Barcelona.

4 dari 6 halaman

2. Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu laga

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah memecahkan sejumlah rekor mencetak gol di Liga Spanyol dan Liga Champions. Tapi, ada satu rekor yang masih bertahan selama 86 tahun di Liga Spanyol.

Ronaldo selangkah lebih maju dari Messi, dengan mencetak lima gol dalam satu Liga Spanyol di dua kesempatan berbeda. Tapi, ada dua pemain dalam sejarah Liga Spanyol yang mencetak tujuh gol dalam satu laga.

Pemain Athletic Bilbao Agustin Sauto mencetak tujuh gol dalam satu pertandingan di 1932. Prestasi itu kemudian diulang pada 1952 oleh Laszlo Kubala dari Barcelona.

Messi, sejauh ini, hanya mencetak empat gol dalam satu pertandingan.

5 dari 6 halaman

1. Mencetak Gol di Setiap Menit Pertandingan

Ada satu rekor yang sulit dipecahkan Lionel Messi. Sejauh ini, baru Cristiano Ronaldo dan mantan rekannya di Barcelona, Zlatan Ibrahimovic yang telah menorehkan rekor tersebut. Jika bisa, maka Messi akan menjadi pemain ketiga di dunia yang melakukannya.

Messi belum pernah mencetak gol dalam dua menit pertama pertandingan sepak bola. Dia sangat mematikan pada akhir babak pertama dan kedua. Antara menit ke-45 dan akhir babak, ia telah mencetak 12 gol.

Sementara antara 90 dan laga berakhir, 29 gol. Menit lain, Messi memiliki kedekatan antara 80 dan 88. Dia telah mencetak 43 gol dalam kurun waktu itu.

Artikel Selanjutnya
Ronaldo Salip Gol Legenda Timnas Brasil, Ini Kata Pele
Artikel Selanjutnya
'Messi Superior, Tak Bisa Dibandingkan dengan Ronaldo'