Sukses

Indonesia Bantai Malaysia

Tertatih-tatih di awal, Indonesia bangkit dan akhirnya menghancurkan perlawanan Malaysia 5-1 (2-1). Kemenangan yang membuka lebar-lebar peluang Merah Putih melaju ke babak semifinal.

Liputan6.com, Jakarta: Timnas Indonesia mengganyang Malaysia 5-1 (2-1) pada partai pembuka Piala AFF 2010 yang dimainkan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (1/12) malam WIB. Dengan demikian Indonesia memimpin Grup A dengan raihan poin sempurna.

Timnas langsung bermain menekan begitu babak pertama dimulai. Serangan Pasukan Garuda nyaris berbuah gol di menit keempat ketika Cristian Gonzalez berhadapan dengan kiper Mohd Sharbinee. Sayang penyerang berjuluk El Loco gagal menuntaskannya. Kembali El Loco mengancam melalui sepakan kerasnya di menit kesembilan. Bola yang gagal diantisipasi sempurna kiper lawan gagal dimanfaatkan M. Ridwan.

Sepanjang 15 menit pertama Indonesia mengendalikan jalannya permainan, tapi di menit ke-18 serangan balik Malaysia berbuah gol lewat kaki Norshahrul Idlan. Assist dari Mohd Safee yang melewati Hamka Hamzah. Tiga menit berselang, menit ke-21, Timnas menyamakan kedudukan. Terobosan M. Nasuha gagal disambut Irfan Bachdim, tapi bola yang mengenai pemain belakang Malaysia Mohd Asraruddin Putra mengoyak gawang sendiri. Skor imbang 1-1.

Indonesia kembali mengendalikan jalannya permainan dan akhirnya di menit ke-26 balik memimpin. Operan cantik dari Firman Utina tidak disia-siakan El Loco. Mengontrol dan melewati satu pemain, striker Persib Bandung itu mengkonversi peluang dengan tembakan placing. 2-1 untuk Indonesia. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Pasukan Garuda kembali mengambil inisiatif serangan usai pertandingan dilanjutkan kembali. Tekanan Indonesia berbuah di menit ke-52. M. Ridwan menggandakan keunggulan melalui sepakan mendatar dari dalam kotak penalti. Gol tersebut berkat keteledoran lini belakang Malaysia dalam mengawal Irfan. 3-1 Indonesia memimpin.

Sorak sorai suporter tuan rumah kembali membahana di menit ke-76 melalui tembakan Arif Suyono. Masuk dari bangku cadangan menggantikan M. Ridwan, Arif hanya membutuhkan waktu satu menit dalam memberikan gol bagi Indonesia. Tendangan pemain Sriwijaya FC ini melewati kiper Malaysia untuk membawa Indonesia memimpin tiga gol setelah kerjasama apik antarpemain.

Tidak puas, Irfan yang rajin menjelajah barisan belakang Malaysia melengkapi kemenangan menjadi 5-1 di injury time saat menerima umpan Okto Maniani. Untuk pertandingan kedua Indonesia akan ditantang Laos, Sabtu (4/12), yang secara tak terduga menahan imbang Thailand 2-2 di pertandingan sebelumnya.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.