Sukses

Mantan Pelatih Timnas Indonesia Siap Tangani Vietnam?

Liputan6.com, Jakarta Nama Alfred Riedl, mantan pelatih timnas Indonesia, masuk dalam daftar kandidat pelatih Vietnam. Kebetulan, saat ini Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memang sibuk mencari pengganti Nguyen Huu Thang.

Riedl yang sempat menangani timnas Indonesia dalam tiga periode memang bukan sosok asing bagi sepak bola Vietnam. Itu karena ia sempat tiga kali mengemban tugas sebagai pelatih Vietnam, yakni pada 1998-2000, 2003-2004 dan 2005-2007.

Dalam dua periode tersebut, Vietnam menjadi salah satu kekuatan yang begitu ditakuti di Asia Tenggara. Mereka menjadi runner-up Piala AFF 1998, runner-up SEA Games 1999, 2003, 2005, dan King Cup 2006.

Seperti dikutip Fox Sports Asia, ada kemungkinan Riedl kembali menangani timnas Vietnam. Kabarnya, Riedl dijadikan sebagai solusi jangka pendek, bukan jangka panjang, untuk mengisi kekosongan kursi pelatih kepala Vietnam.

Faktor pengalaman menjadi pertimbangan utama VFF jika kembali menunjuk pelatih asal Austria itu. Maklum, Vietnam saat ini dihadapkan dengan sejumlah agenda penting yang harus merela lakoni. Dan VFF tak mau mengambil risiko menunjuk sosok baru yang minim pengetahuan dan pengalaman soal sepak bola Vietnam.

Di sisi lain, Dantri melaporkan bahwa VFF mencari pelatih dengan bayaran yang murah. Mereka memang membutuhkan sosok asing untuk menjadi pelatih mereka. Masalahnya, kondisi finansial VFF juga sedang tak memadai.

Jika itu yang dicati, Riedl jelas menjadi jawaban yang tepat. Kualitasnya juga sudah teruji belum lama ini, yakni saat mendampingi timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Meski hanya memiliki waktu sedikit, ia mampu membawa Indonesia melaju hingga final.

Artikel Selanjutnya
Myanmar U-19 Vs Timnas Indonesia U-19: Berharap Tuah Indra Sjafri
Artikel Selanjutnya
Mantan Asisten Riedl Yakin Timnas Indonesia U-19 Juara AFF