Sukses

3 Hal Ini Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia U-19 dari Thailand

Liputan6.com, Yangon - Timnas Indonesia U-19 memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19. Egi Maulana dan kawan-kawan lolos sebagai juara grup B setelah menang 8-0 atas Filipina di partai terakhir, Rabu (13/9/2017).

Timnas Indonesia U-19 memuncaki Grup B dengan 9 poin, sama dengan Myanmar dan Vietnam. Namun Timnas lebih unggul produktivitas gol dari kedua pesaingnya tersebut.

Lolosnya timnas juga dibantu oleh kemenangan Myanmar atas Vietnam 2-1. Kemenangan itu menggeser Vietnam ke tempat ketiga dan akhirnya tersingkir.

Timnas Indonesia U-19 pun harus berhadapan dengan Thailand, Jumat (15/9/2017). Thailand lolos sebagai runner up Grup A, sedangkan Malaysia lolos sebagai juara grup.

Thailand jelas lawan yang harus diwaspadai pasukan Indra Sjafri. Pasalnya, mereka punya kualitas yang bisa jadi di atas timnas Indonesia U-19.

Berikut tiga hal yang setidaknya harus dilakukan timnas U-19 saat menghadapi Thailand.





1 dari 4 halaman

1. Antisipasi Kecepatan

Sudah bukan rahasia lagi kalau Thailand adalah tim yang punya kecepatan. Gaya main Thailand dinilai mirip dengan Vietnam yang mengalahkan Timnas Indonesia U-19.

Kecepatan tersebut ditunjang dengan organisasi tim yang bagus. Sepanjang babak grup, Thailand tak pernah terkalahkan dari lawan-lawannya.

The War Elephant -julukan Thailand- menjadi runner up hanya karena kalah produktivitas gol dari Malaysia.

2 dari 4 halaman

2. Yuthapichai Lertlum

Jika ada satu pemain Thailand yang harus ditempel ketat, maka itu adalah Yuthapichai Lertlum. Bagaimana tidak, Yutapichai adalah topskor timnas Thailand dengan tiga gol meski berposisi sebagai gelandang.

Pada fase grup, Yuthapichai hanya satu kali absen bermain dari total empat pertandingan di fase grup. Itu artinya, Yuthapichai adalah salah satu andalan pelatih timnas Thailand, Marc Alavedra.

Melihat sepak terjang Yuthapichai di Piala AFF U-18, siapapun pemain yang ditugaskan Indra di lini tengah harus bekerja keras. Jika tidak, Yuthapichai bisa jadi mimpi buruk Garuda Nusantara.

3 dari 4 halaman

3. Thailand Bisa Cetak Gol Kapan Saja

Hal terakhir yang patut diwaspadai timnas adalah persebaran gol Thailand di tiap pertandingan yang mereka jalani. Ya, gol-gol Thailand bisa datang pada menit berapapun.

Thailand total menciptakan sembilan gol dari empat pertandingan fase grup. Lima gol di antaranya tercipta pada babak kedua, sementara empat sisanya diciptakan di babak pertama.

Dari empat gol itu, dua gol lahir saat pertandingan baru berumur 30 menit. Di sisi lain, dua gol lainnya tercipta saat pertandingan babak pertama hendak selesai.

Artikel Selanjutnya
Myanmar U-19 Vs Timnas Indonesia U-19: Berharap Tuah Indra Sjafri
Artikel Selanjutnya
Prediksi Myanmar U-19 Vs Timnas Indonesia U-19: Pengukur Asa