Sukses

Piala AFF U-18: Peringatan Manajer untuk Timnas Indonesia U-19

Meski lolos ke semifinal Piala AFF U-18, manajer timnas Indonesia U-19 tetap memberi peringatan kepada pemain.

Liputan6.com, Yangon - Manajer timnas Indonesia U-19, Roni Fauzan, mengingatkan agar skuat Garuda Nusantara tidak cepat puas meski melaju ke semifinal Piala AFF U-18 2017. Roni menegaskan perjuangan tim asuhan Indra Sjafri ini belum tuntas.

Masih ada dua pertandingan lagi yang harus dilewati, yakni menghadapi Thailand, agar bisa bermain di partai final dan merebut gelar juara. "Di semifinal, para pemain harus terus bersemangat dan pantang menyerah sepanjang pertandingan," ujarnya.

Secara khusus, Roni Fauzan mengaku puas dengan penampilan Egy Maulana Vikri dkk. saat menggulung Brunei 8-0 di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9/2017).

Bahkan, pria yang juga manajer Mitra Kukar itu, menilai bila sebenarnya timnas Indonesia U-19 bisa menang dengan lebih dari delapan gol. Hal itu karena fisik pemain Brunei sudah menurun di babak kedua. Hanya, hujan sempat turun seusai turun minum sehingga sedikit memengaruhi penampilan Muhammad Rafli Mursalim cs. Timnas Indonesia pun hanya mampu menambah tiga gol.

Soal bonus, Roni Fauzan enggan bicara terbuka. Pasalnya, hal ini kurang etis mengingat para pemain masih dalam kategori kelompok usia. Prestasi serta pengalaman atau jam terbang harus jadi tujuan utama.

"Mereka ini masih remaja dan perjalanannya masih panjang, jadi mereka tak perlu memikirkan soal uang. Tak usah disebut-sebut soal bonus," lanjut sang manajer.



Timnas Indonesia U-19 melaju ke semifinal setelah mengalahkan Brunei 8-0 dan jadi juara Grup B setelah Myanmar menekuk Vietnam 2-1. Tim Garuda Nusantara mengemas poin sembilan, sama seperti yang dikoleksi Myanmar dan Vietnam, tapi unggul selisih gol (15).

Di semifinal, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Thailand, runner-up Grup A, Jumat (15/9/2017), di Stadion Thuwunna, Yangon.

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.