Sukses

FIFA Resmi Jual Tiket Piala Dunia 2018, Berapa Harganya?

Tiket Piala Dunia 2018 yang paling mahal dijual seharga 1100 USD atau setara Rp14.5 juta.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia Rusia akan berlangsung tahun depan. Namun, para pecinta sepak bola yang ingin menyaksikan turnamen akbar ini sudah bisa memesan tiket, sejak Kamis (14/9/2017).  

Sejauh ini sudah delapan tim yang berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia 2018. Selain tuan rumah Rusia, tujuh negara, yakni Brasil, Iran, Jepang, Meksiko, Belgia, Korea Selatan, dan Arab Saudi juga memastikan tempat setelah melewati babak kualifikasi ronde ketiga. 

FIFA, dalam situs resminya, juga telah membuka halaman khusus untuk melayani pembelian tiket. Menurut Sekjen FIFA, Fatma Samoura, sistem penjualan diupayakan adil bagi fans. 

"Secara historis Anda sudah ikut ambil bagian dalam menyukseskan Piala Dunia. Rusia berjanji akan menjaga tradisi itu dengan organisasi yang bijak dan suasana serta atmosfer yang hebat di dalam stadion," ujar Samoura seperti dilansir sites resmi FIFA.  

Penjualan tiket akan berlangsung dalam tiga tahapan. Tahap pertama dibagi dalam dua fase, yakni 14 September hingga 1 Oktober 2017 dan 16-28 November 2017.

Pada fase pertama, semua pemesan sejak hari pertama hingga terakhir berkesempatan sama untuk mendapatkan tiket. Namun, bila jumlah pemesanan ternyata melebihi tiket yang tersedia, maka panitia (BTC) akan memilih yang beruntung dari daftar para pemesan. Pengumuman selanjutnya akan disampaikan pada 16 November 2017. Sedangkan untuk fase kedua (16-28/11), pihak panitia memprioritaskan fans yang memesan tiket lebih awal. 

Selanjutnya, tahap kedua juga akan dibagi dalam dua fase. Pada fase pertama yang berlangsung 5/12/2017 hingga 31/1/2018 , fans juga punya peluang yang sama dalam mendapatkan tiket. Sementara pada fase kedua yang berlangsung sejak 13 Maret hingga 3 April 2018, fans yang lebih awal memesan akan diprioritaskan untuk mendapatkan tiket. 

Sementara tahap terakhir adalah penjualan saat putaran final berlangsung, yakni mulai 18 April hingga 15 Juli. Namun untuk tahap ini, jumlah tiket yang dipasarkan sangat terbatas. 

Tiket yang dibeli pada tahap pertama dan kedua akan dikirimkan langsung kepada para pembeli di seluruh penjuru dunia secara cuma-cuma. Rencananya distribusi akan dilakukan sekitar bulan April dan Mei tahun depan. Sementara suporter tuan rumah bisa mengambil langsung tiket yang telah dipesan pada loket-loket resmi FIFA yang ada di Rusia nanti. 

Saksikan juga video pilihan:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Tiket

Tiket dibagi dalam empat kategori. Harganya berbeda untuk masing-masing pertandingan, mulai partai pembuka hingga final. Tiket kategori satu untuk laga final menjadi yang termahal dengan harga 1100 USD atau setara Rp 14,5. Sementara yang paling murah adalah tiket babak penyisihan grup untuk kategori 3 sebesar 220 USD atau Rp2,9 juta.

FIFA juga menyediakan tiket khusus kategori 4. Tiket ini diperuntukkan bagi warga Rusia maupun warga pendatang yang sudah menetap di sana. Harganya jauh berbeda dengan tiket kategori lainnya untuk kalangan umum. Selengkapnya lihat pada foto di bawah ini.

Piala Dunia 2018 akan diikuti 32 negara dari 5 atau 6 konfederasi. Turnamen ini akan berlangsung di 12 venue yang terletak di 11 kota mulai 14 Juni hingga 15 Juli 2018. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.