Sukses

Daftar Pemain Bintang dengan Trofi Liga Champions Terbanyak

Liputan6.com, Jakarta Liga Champions atau yang dulu dikenal sebagai Piala Champions atau Piala UEFA selalu menjadi trofi yang dikeja-kejar pemain sepak bola profesional. Sesuai namanya, ini adalah trofi para pemain juara.

Kerja keras dan keberuntungan sangat menentukan keberhasilan seorang pemain dapatkan trofi Liga Champions. Kepuasan besar bakal dirasakan seorang pemain bintang yang bisa mengangkat trofi si Kuping Besar atau Liga Champions.

Ini seakan menjadi penegasan sebagai pemain juara diantara pemain juara lainnya yang ada di dunia. Bagi pemain, Liga Champions sama artinya dengan juara Piala Dunia untuk level klub.

Liga Champions juga menjadi kompetisi paling kompetitif yang paling ketat. Soalnya, hanya tim juara dan papan atas yang bisa mengikuti kompetisi ini.

Dengan penjelasan di atas, siapa pemain dengan torehan trofi Liga Champions paling banyak? Berikut rinciannya seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1 dari 4 halaman

4 Trofi

Ada enam pemain dengan torehan empat trofi Liga Champions di lemari mereka. Keenam pemain tersebut yaitu Clarence Seedorf, Lionel Messi, Gerard Pique, Xavi, Andres Iniesta dan Cristiano Ronaldo.

Seedorf meraih trofi dari tiga klub berbeda yaitu AC Milan (2 kali), Real Madrid dan Ajax. Sedangkan Ronaldo meraih trofi bersama Manchester United sekali dan tiga kali bersama Real Madrid.

Empat pemain lainnya mendapatkan trofi di satu klub yaitu Barcelona. Kecuali Seedorf dan Xavi Hernandez, keempat pemain lain masih berpeluang untuk menambah trofi Liga Champions di lemari prestasi mereka.

Khusus Messi dan Ronaldo, trofi Liga Champions sama artinya dengan torehan Ballon d'Or. Setidaknya ini terjadi sejak 2008 dimana trofi bola emas hanya dibagi antara mereka berdua.

Ronaldo Raja gol Eropa (Liputan6.com/Abdillah)

 

2 dari 4 halaman

5 Trofi

Ada tiga pemain yang pernah merasakan lima trofi Liga Champions atau Piala Champions. Ketiga pemain ini semuanya sudah pensiun dari sepak bola.

Dua pemain merupakan legenda AC Milan, Paulo Maldini dan Alessandro Costacurta. Sedangkan satu lagi legenda Real Madrid, Alfredo di Stefano.

Siapa yang tak kenal Maldini dan Costacurta. Keduanya merupakan pilar di pertahanan AC Milan.

Di masa jayanya, AC Milan bakal kesulitan jika tak diperkuat kedua pemain. Sedangkan Di Stefano berpengaruh di lini serang Madrid. Gol-golnya turut membantu Madrid jadi juara.

3 dari 4 halaman

6 Trofi

Inilah pemain paling sukses di Eropa. Dia adalah winger kiri Real, Francisco "Paco" Gento. Bermain di Real Madrid sejak 1953, dia sukses merebut 6 trofi Liga Champions.

Semua trofi itu ditorehkannya di satu klub yaitu hanya Real Madrid. Gento sebenarnya tidak memulai karier di Madrid, tapi Racing Santander.

Cukup semusim di Santander, dia langsung diboyong Real Madrid pada 1953 dan menjadi legenda di klub berjulukan Los Blancos itu. Dulu, dia terkenal karena kecepatan yang dimilikinya.

Kecepatan dia berlari nyaris menyamai sprinter. Jarak 100 meter bisa dilahapnya dalam 11 detik. Selama enam musim dengan Madrid, dia cetak 30 gol dari 89 kali penampilan di kompetisi Eropa.

Gento sebenarnya berpeluang untuk menangkan 8 trofi, tapi dia kalah dua kali di final.

Artikel Selanjutnya
Trofi Juara Ramos Vs Ronaldo, Siapa yang Lebih Unggul?
Artikel Selanjutnya
Bukan Ibrahimovic, Paul Pogba Jadi Pemain Terbaik Liga Europa