Sukses

3 Bek Pilar Klub Italia Ini Absen di Laga Perdana Liga Europa

Liputan6.com, Jakarta - AC Milan, Lazio, dan Atalanta Bergamo akan mewakili Italia di Liga Europa musim 2017/2018. Ketiganya akan menjajal laga pembuka, Jumat dini hari (15/9/2017).

AC Milan, yang telah absen di kompetisi Eropa selama tiga tahun, akan menghadapi Austria Wien di Grup D, di Stadion Ernst Happel, Wina. Di Grup K, Lazio bertandang ke markas Vitesse Arnhem, Belanda. Sedangkan Atalanta, yang tergabung di Grup E, akan menjamu Everton di Stadion Mapei, Reggio Emilia.

Masing-masing tim diyakini telah mempersiapkan diri sebaik mungkin. AC Milan, misalnya. Pasca kekalahan telak 1-4 dari Lazio akhir pekan lalu, anak-anak asuh Vincenzo Montella sudah tak sabar ingin membuktikan diri bahwa mereka telah bangkit.

Sementara Lazio yang tengah di atas angin, tidak ingin meremehkan tuan rumah Vitesse. Demikian juga Atalanta, yang tidak ingin kecolongan oleh Wayne Rooney dkk.

Namun, tiga wakil Italia itu dipastikan tidak akan diperkuat pemain andalannya secara keseluruhan. Sebab, ada yang tengah dibekap cedera, ada yang kelelahan, dan ada pula yang memang tidak disertakan dalam rangka perombakan formasi.

Di antara sejumlah pemain yang akan absen itu, tiga di antaranya merupakan bek andalan di klubnya masing-masing. Berikut daftarnya:

1 dari 4 halaman

1. Wallace

Wallace (AFP/Filippo Monteforte)

Bek Lazio, Wallace terbaring di lapangan saat bertanding melawan AC Milan hari Minggu lalu, saat pertandingan baru berjalan 10 menit. Sempat memaksakan diri bermain, bek asal Brasil itu akhirnya ditarik keluar di menit 15, digantikan Bastos.

Dari hasil pemeriksaan, Wallace diketahui menderita cedera otot betis. Ia diperkirakan baru dapat kembali merumput 13 Oktober mendatang. Akibatnya, bek 22 tahun itu dipastikan tak dapat memperkuat Lazio melawan Vitesse Arnhem dini hari nanti

Wallace gabung Lazio pada musim panas tahun 2016. Ia direkrut dari Braga dengan nilai transfer 8 juta euro. Sebelum cedera ini, pemain bernama lengkap Wallace Fortuna Dos Santos itu selalu diandalkan di starting line up Lazio bersama Stefan De Vrij dan Stefan Daniel Radu.

2 dari 4 halaman

2. Andrea Conti

AC Milan telah mengumumkan bahwa bek kanan Andrea Conti belum dapat diturunkan dalam laga melawan Austria Wien. Bek yang baru direkrut dari Atalanta itu masih masih belum pulih dari cedera engkel, yang ia dapat kala membela Timnas Italia melawan Israel dalam babak Kualifikasi Piala Dunia, Selasa (5/9/2017) lalu.

Andrea Conti (kanan) (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Conti juga sudah absen saat AC Milan dibantai Lazio di Stadion Olimpico dalam lanjutan Serie A, hari Minggu. I Rossoneri terpaksa menurunkan Davide Calabria untuk menempati pos yang ditinggalkan bek 23 tahun itu. Hasilnya, Milan kalah telak 1-4.

Sejauh ini, belum diketahui kapan Conti bisa kembali merumput kembali. Atas keadaan ini, Conti terpaksa menunda keinginannya tampil untuk pertama kalinya di Liga Europa. Pemain berbanderol 25 juta euro itu sejauh ini baru mencicipi babak kualifikasi, yakni saat Milan menghadapi CSUU Craiova dan Shkendija.

3 dari 4 halaman

3. Leonardo Spinazzola

Atalanta akan menghadapi wakil Inggris, Everton tanpa bek kiri andalan mereka, Leonardo Spinazzola. Bek Timnas Italia itu sudah absen sejak awal musim. Sampai sejauh ini, ia belum sekali pun tampil.

Leonardo Spinazzola (AFP)

Spinazzola mengalami cedera yang tidak diketahui jenisnya. Bek yang telah dibeli oleh Juventus itu juga tidak diketahui kapan bisa kembali bermain. Menurut pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, ia masih membutuhkan 7-10 hari lagi untuk sembuh.

Kondisi ini diperparah lagi oleh cederanya pengganti Spinzzola, Robin Gosens. Namun, Gasperini tidak terlalu ambil pusing atas keadaan tersebut.

“Kami sudah punya solusi, meskipun kami kehilangan dua pemain penting pada peran yang sama di lini belakang kiri,” ujar Gasperini.

(Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Bek Anyar Chelsea Masuk Timnas Italia
Artikel Selanjutnya
Usai Dibantai Spanyol, Italia Panggil Pemain Baru