Sukses

MotoGP: Vinales Ingin Perbaiki Penampilan di Trek Basah

Dalam balapan MotoGP San Marino, Vinales hanya finis di posisi keempat dengan kondisi lintasan basah.

Liputan6.com, Misano - Balapan dalam kondisi lintasan basah kerap menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian pembalap MotoGP. Terkadang, tak sedikit pembalap yang gagal menyelesaikan balapan lantaran terjatuh.

Terbaru, balapan dengan lintasan basah terjadi pada MotoGP San Marino di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia, akhir pekan lalu. Maverick Vinales gagal meraih podium dan hanya finis keempat. Alhasil, rekan setim Valentino Rossi itu tertinggal 16 poin dari Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di puncak klasemen.

Pembalap Movistar Yamaha itu mengaku ia kurang lihai dalam balapan di lintasan basah. Kekurangan ini yang coba mulai diantisipasi Vinales.

"Saya pikir kami sudah mengalami peningkatan pesat di musim kering, dengan banyak konsistensi. Sekarang kami harus memperbaiki kondisi basah karena Marc dan Dovi selalu terdepan dalam balapan basah. Jika ingin memenangi kejuaraan, kami juga harus kompetitif di balapan basah," ujar Vinales seperti dikutip dari Bikesport, Jumat (15/9/2017).

Vinales menyoroti kendala yang dihadapinya di bagian ban belakang. Ia kesulitan mendapatkan traksi (daya cengkeram), terutama pada sisi kiri ban.

Akibatnya, ia sering kali mengorbankan lututnya untuk mendapatkan performa yang baik saat menaklukkan tikungan. "Perilaku motor pada bagian depan sangat bagus, saya cukup senang. Saya memiliki perasaan yang sama di tempat yang kering, kami memperbaiki banyak di bagian depan," ia menambahkan.

Namun, di bagian belakang, Vinales mengaku, sangat sulit untuk mendapatkan traksi. "Apalagi di sebelah kiri, saya banyak menggeser motornya, saya tidak bisa bersandar. Saya mungkin menyentuh empat atau lima kali lutut di sebelah kiri selama balapan," cetus Vinales.

Selanjutnya, balapan MotoGP akan berlangsung di Sirkuit Aragon, Spanyol, 24 September mendatang. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.